Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2018, Pemerintah Targetkan Pembangunan Bendungan Sindangheula Rampung

Kompas.com - 31/08/2017, 10:40 WIB
Dani Prabowo

Penulis

SERANG, KompasProperti - Pemerintah menargetkan pembangunan Bendungan Sindangheula di Kabupaten Serang, Banten, rampung tahun depan. Saat ini, proses konstruksi bendungan tersebut telah mencapai 36 persen.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan hal itu saat meninjau proyek tersebut, Rabu (30/8/2017).

Menurut Basuki, proses pengalihan aliran Sungai Cibanten pun telah dilakukan, guna mempercepat pekerjaan konstruksi bendungan.

"Penyelesaian Bendungan Sindangheula akan lebih cepat daripada Bendungan Karian," kata Basuki.

Bendungan Sindangheula dirancang dapat menampung 10 juta meter kubik air, yang nantinya akan digunakan untuk mengairi 1.000 hektar area irigasi di kabupaten dan kota Serang.

Air yang terdapat pada bendungan tersebut, kata Basuki, juga akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan air baku warga sebesar 0,8 meter kubik per detik.

"Ini akan selesai tahun depan, untuk irigasi 1.000 hektar," ujar dia.

Untuk diketahui, bendungan seluas 131 hektar ini dibangun dengan menggunakan anggaran yang bersumber dari APBN murni sebesar Rp 427 miliar.

Proyek yang digarap konsorsium antara PT PP (Persero) dan PT Hutama Karya (Persero) itu berada di tiga desa yaitu Pabuaran, Sayar, dan Pancanagara di Kabupaten Serang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com