Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konstruksi Bendungan Karian Tembus 39,4 Persen

Kompas.com - 30/08/2017, 17:38 WIB
Dani Prabowo

Penulis

LEBAK, KompasProperti - Pemerintah menargetkan pembangunan Bendungan Karian di Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Banten rampung pada Mei 2019.

Kendati, jadwal pengerjaan bendungan yang memiliki luas 1.740 hektar itu baru dimulai pada Oktober 2015 lalu.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) PBasuki Hadimuljono mengatakan, saat ini progres pembangunan bendungan telah mencapai 39,4 persen. 

"Mudah-mudahan dengan pengalihan ini akan segera bisa dibangun. Karena tanpa pengalihan tak bisa dibangun," kata Basuki  saat kegiatan pengalihan arus Sungai Ciberang pada pembangunan Bendungan Karian, Lebak, Banten, Rabu (30/8/2017).

Dengan pengalihan arus, ia menambahkan, proyek pekerjaan bendungan utama dapat segera dilaksanakan. Untuk mengejar target pembangunan, sistem kerja shift akan diterapkan. 

"Akan dibangun tujuh hari seminggu, rock n roll, minimum dua shift sehari. Agar bisa mempercepat Mei 2019," kata dia.

Bendungan senilai Rp 1,07 triliun ini dikerjakan oleh Daelim Industrial Co, LTD bersama PT Wijaya Karya (Persero) dan PT Waskita Karya (Persero).

Joint Operation ini memliki luas area genangan seluas 1.740  hektar dan mampu menampung 207,5 juta meter kubik air untuk mengairi Daerah Irigasi Ciujung seluas 22.000 hektar. 

Selain irigasi, bendungan ini juga menyuplai kebutuhan air untuk kawasan perkotaan dan industri di Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kabupaten Lebak, Kabupaten Tangerang dan wilayah DKI Jakarta sebesar 9,1 m3/detik.

Manfaat lainnya adalah sarana pengendalian banjir di daerah hilir yang merupakan kawasan strategis dengan infrastruktur penting seperti Jalan Tol Jakarta-Merak dan kawasan industri terpadu.

Selain itu Bendungan ini juga dapat menjadi daerah tujuan wisata air serta potensi pembangkit energi listrik sebesar 1,8 megawatt melalui pembangkit listrik tenaga mini hidro (PLTMH).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com