Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada di Mana Lift Tercepat Sedunia?

Kompas.com - 14/09/2017, 15:17 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KompasProperti - Teknologi konstruksi terus berkembang demikian dinamis. Setelah China mampu membangun pencakar langit dengan material prefabrikasi tercepat, Negeri Panda ini pun tak henti mencatat rekor baru lainnya.

Baru-baru ini, lift Shanghai Tower, Shanghai, China, dinobatkan sebagai yang tercepat di dunia dengan kecepatan 20,5 meter per detik.

Sertifikat penobatan diserahkan oleh Council on Tall Buildings and Urban Habitat (CTBUH) yang berkolaborasi dengan Guiness Book of World Records (GBWR).

Tak hanya memberikan gelar tercepat, CTBUH dan GBWR juga merekam catatan kecepatan terlama dari lift-lift yang terpasang di gedung-gedung komersial tertinggi dunia.

Shanghai Tower merupakan pencakar langit tertinggi kedua sejagat raya setelah Burj Khalifa dengan ketinggian mencapai 632 meter.

Struktur jangkung multifungsi ini dimiliki oleh Shanghai Tower Construction and Development. Mereka mulai membangunnya sejak 2009, dan rampung enam tahun kemudian.

Kecepatan lift Shanghai Tower mengalahkan Guangzhou CTF Finance Center, di Guangzhou, yang juga dibangun pengembang asal China yakni Chow Tai Fuk Enterprise.

Kecepatan lift di gedung yang menjulang 530 meter ini adalah 20,0 meter per detik. Chow Tai Fuk Enterprise menyelesaikan konstruksi gedung ini selama enam tahun sejak 2010.

Menyusul di tempat ketiga adalah lift Taipei 101, Taiwan, dengan 16,83 meter per detik. Gedung setinggi 508 meter ini dikembangkan Taipei Financial Corporation pada 1999 dan rampung 204. 

Sementara di posisi keempat tercepat adalah lift Landmark Tower Yokohama, Jepang, dengan laju 12,5 meter per detik.

Mitsubishi Estate dan Shimizu Corporation berkongsi merampungkan pembangunan gedung dengan ketinggian 296,3 meter pada 1993.

Di peringkat kelima adalah lift Two International Finance Center dengan laju 10,6 meter per detik.

Gedung setinggi 318 meter ini berada di Hongkong dan dimiliki oleh konsorsium Henderson Land Development, Sun Hung Kai Properties Limited, The Hongkong and China Gas Company Limited, dan MTR Corporation Limited.

Catatan CTBUH dan GBWR ini sekaligus menunjukkan dominasi dan hegemoni China dalam pengembangan pencakar langit dengan teknologi mutakhir dunia. 

Betapa tidak, lift gedung-gedung lainnya di luar China, seperti One World Trade Center di New York, Amerika Serikat, Jeddah Tower di Jeddah, Arab Saudi, dan Burj Khalifa di Dubai, Uni Emirat Arab, hanya menempati peringkat 7 dan 8.

Kecepatan lift di pencakar-pencakar langit tersebut adalah 10,6 meter per detik, dan 10 meter per detik.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com