Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kurangi Kecelakaan, Pemprov Jateng Bangun Bahu Jalan di Grobogan

Kompas.com - 25/08/2017, 00:14 WIB
Puthut Dwi Putranto Nugroho

Penulis

GROBOGAN, KompasProperti - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Pemprov Jateng) merealisasikan pembuatan bahu jalan di sejumlah ruas jalan di wilayah Kabupaten Grobogan dan Kabupaten Blora. Kegiatan rehabilitasi jalan ini sebagai salah upaya untuk mengurangi risiko kecelakaan bagi pengendara.

Kepala Balai Pelaksana Teknis Jalan (BPTJ) wilayah Purwodadi, Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Cipta Karya Provinsi Jateng, Barkah Widiharsono, mengatakan, untuk tahun ini yang digarap adalah bahu jalan di tiga ruas jalan.

Di antaranya di Jalan Raya Godong-Purwodadi, Jalan Raya Geyer-Purwodadi dan Jalan Raya Kunduran-Blora. Pekerjaan yang mulai digenjot pada akhir Maret ini ditargetkan rampung hingga akhir September.

"Tahun ini digelontorkan anggaran hampir Rp 16 miliar untuk pembuatan bahu jalan. Total panjang bahu jalan lebih dari 2 kilometer dengan lebar 2,5 meter.

Konstruksi bahu jalan diwujudkan melalui penguatan jalan dengan pancang beton dan dinding penahan tanah," terang Barkah kepada KompasProperti, Kamis (24/8/2017).KompasProperti

Barkah menuturkan, secara bertahap pembuatan bahu jalan akan terus direalisasikan untuk memaksimalkan fungsi jalan sebagai akses transportasi darat bagi pengendara.

Sasaran pembuatan bahu jalan di Jalan Raya Purwodadi-Semarang, Jalan Raya Purwodadi-Solo, Jalan Raya Purwodadi-Blora, Jalan Raya Purwodadi-Kudus dan Jalan Raya Purwodadi-Pati.

Jalan Provinsi di wilayah Grobogan dan Blora sangat minim bahu jalan. Banyak keluhan masyarakat dan Sat Lantas Polres setempat menyebut kecelakaan sering terjadi akibat tak ada bahu jalan.

"Pembuatan bahu jalan prioritas kami. Harapan kami pelayanan lalulintas menjadi lebih baik," kata Barkah.

Sementara itu, Kasi Jalan BPTJ wilayah Purwodadi DPU Bina Marga dan Cipta Karya Provinsi Jateng, Purwadi, menambahkan, selain pembuatan bahu jalan, pihaknya juga melaksanakan pengerjaan pelebaran jembatan dan gorong-gorong di wilayah Kabupaten Grobogan dan Kabupaten Blora.

"Total anggaran kegiatan rehabilitasi untuk pelebaran jembatan dan gorong-gorong tahun ini yakni Rp 8 miliar lebih," pungkas Purwadi. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com