Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/07/2017, 14:10 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

JAKARTA, KompasProperti - Portal properti Rumah.com melansir riset Property Index yang hasilnya menunjukkan bahwa harga rumah di Banten mengalami kenaikan stabil.

Pada kuartal II-2017, indeksnya mencapai 103,9 atau naik tipis 0,67 persen dari 103,2 pada kuartal sebelumnya.

Kenaikan ini melanjutkan tren positif, karena pada kuartal I-2017 menunjukkan pertumbuhan 0,19 persen.

"Terlihat Banten ini relatif lebih tahan banting, kalau secara nasional turunnya hampir 2 poin. Banten hanya 0,5 poin," ujar Head of Marketing Rumah.com Ike Hamdan saat pemaparan Rumah.com Property Index di Jakarta, Selasa (25/7/2017).

Secara umum, perkembangan harga properti nasional, terlihat stagnan selama fua kuartal pertama tahun 2016 lalu.

Penurunan ini kembali berlanjut pada kuartal III hingga IV-2016, dengan besaran cukup signifikan.

Sementara ketika harga properti nasional sudah mulai turun pada kuartal I ke kuartal II-2016, Banten masih menunjukkan kenaikan.

Begitu pula pada kuartal III-2016, harga properti di wilayah ini masih merangkak naik. Kemudian, baru pada kuartal IV-2016, harga properti di Banten terpantau turun tipis 0,58 persen.

"Jadi ada lagging, turunnya lambat tapi pemulihannya justru relatif cepat, dan mengejar," kata Ike.

Dia menambahkan, sesudah mengalami penurunan pada kuartal IV-2016 tahun lalu, harga properti di Banten kembali menanjak pada kuartal I-2017.

Saat ini posisi median harga berada di angka Rp 13,61 juta per meter persegi. Titik ini melampaui pencapaian tertinggi kuartal III-2016 lalu.

Ike memprediksi, Banten memiliki resistensi tinggi terhadap penurunan harga karena kota-kotanya sudah matang. Kota di Banten ini antara lain, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang Selatan, dan Kota Tangerang.

"Di Banten ada 3 kota utama penyangga ibu kota yang jauh lebih mature dibanding kota penyangga lainnya. Dari sisi konektivitas, kemudahan dijangkau dan fasilitas jauh lebih tersedia," pungkas Ike.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com