Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

37 Persen Jalan di Kabupaten Kendal Rusak

Kompas.com - 02/06/2017, 15:23 WIB
Slamet Priyatin

Penulis

KENDAL, KompasProperti - Kondisi jalan di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, rupanya belum benar-benar mulus, kendati perbaikan telah dilakukan di titik-titik strategis. Terutama di Jalan Ringinarum.

Jalan rusak kategori berat, sedang, dan ringan di kawasan ini mencapai 37 persen. Karena kondisi itulah, pemudik yang hendak menuju Kendal, harus ekstra hati-hati.

Menurut Kepala Bidang Bina Marga Kabupaten Kendal Jawa Tengah, Juni Isyanta, jalan di Kabupaten Kendal dengan kondisi baik, dan sudah diperbaiki sekitar 63 persen. Sisanya, masih akan diperbaiki.

Ada pun panjang jalan yang menjadi tanggung jawab Pemerintah Kabupaten (pemkab) Kendal, sekitar 770, 5 kilometer.

“Tahun ini, sudah proses lelang. Pengerjaannya, mungkin setelah Lebaran, “ kata Juni kepada KompasProperti, Jumat (2/6/2017).

Juni menambahkan, meskipun masih ada yang rusak, namun jalan tersebut bisa dilewati.

Terkait dengan hal itu, Kepala Dinas Perhubungan Kendal, M Toha, mengatakan beberapa ruas jalan kabupaten yang menghubungkan Kendal dengan kota lain, sudah siap dilewati pemudik.

Di antaranya Jalan Kaliwungu-Boja yang menghubungkan Kendal-Ungaran, dan jalan Meteseh Boja yang menghubungkan Kendal-Kota Semarang.

“Jalan tembus Kaliwungu ke kota hingga Patebon, juga sangat baik. Pemudik bisa lewat situ, untuk menghindari kepadatan di sekitar alun-alun Kendal,” ujarnya.

Toha mengatakan, Dinas Perhubungan juga akan melengkapi ruas-ruas jalan tersebut dengan papan petunjuk jalan, supaya pemudik tidak tersesat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com