Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meksiko Rilis Desain Dinding Perbatasan AS-Meksiko Trump

Kompas.com - 02/11/2016, 20:06 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

NEW MEXICO, KOMPAS.com - Publik tentunya masih ingat janji calon Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump soal pembangunan dinding di sepanjang perbatasan AS-Meksiko jika terpilih nanti.

Para ahli menyatakan rencana tersebut tak akan berhasil dilakukan Trump ketika terpilih nanti karena penjelasan proyek tersebut cukup sulit untuk dibayangkan.

Hingga pada akhirnya sebuah firma arsitektur asal Meksiko Estudio 3.14 merancang serangkaian desain untuk menunjukkan tantangan dan kondisi lansekap yang membuktikan bahwa dinding tersebut tak mungkin bisa dibangun.

"Berdasarkan pernyataan Trump, kondisi ekonomi, ekologi, dan aspek keuangan telah digabung menjadi sebuah pertanyaan, namun Trump tetap melanjutkannya dengan rencana verbalnya saja," tulis Estudio 3.14.

Lebih lanjut mereka mengatakan bahwa sebagai arsitek dan desainer, mereka memiliki kapasitas untuk mengimajinasikan dan menginterpretasikan perkataan Trump.

Estudio 3.14 Dinding perbatasan Trump yang dirancang oleh Estudio 3.14.

Estudio 3.14 juga yakin apabila mereka bisa membuat orang melihatnya maka orang-orang bisa menilai kekeliruan dari proposal dan kata-katanya.

Pada gambar tersebut, dinding digambarkan dengan warna merah muda cerah yang dibuat oleh arsitek Meksiko Luis Barragan dan disesuaikan dengan perkataan Trump bahwa dinding tersebut akan terlihat "cantik."

Dinding tersebut melewati badan air, pegunungan, dan gedung-gedung sehingga menunjukkan betapa gilanya struktur yang ada apabila jadi direalisasikan.

Kebanyakan bagian perbatasan itu melewati tanah-tanah publik yang dimiliki oleh taman nasional sehingga dinding tersebut bisa memiliki dampak buruk pada lingkungan.

Masalah tak berhenti sampai di situ, musim pasang surut Sungai Colorado dan Rio Grande juga menjadi tantangan rencana tersebut.

Estudio 3.14 berharap dengan membuat desain perbatasan menjadi lebih jelas maka orang-orang akan mulai benar-benar mengerti masalah yang ada di janji Trump itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com