Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biaya Servis Rata-rata Mal di Surabaya Stagnan

Kompas.com - 15/07/2016, 14:00 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Bukan hanya tarif sewa yang bergerak lambat, biaya servis ritel di Surabaya juga cenderung tidak berubah jika dibandingkan dengan semester II 2015.

Colliers International Indonesia mencatat, biaya servis rata-rata pusat perbelanjaan di kota Pahlawan ini ada di angka Rp 99.385 per meter persegi per bulan.

Angka tersebut lebih rendah dibandingkan biaya servis mal termahal di Jawa Timur, yakni Tunjungan Plaza sebesar Rp 108.747 per meter persegi per bulan.

Baca: Tunjungan Plaza dan Grand City, Mal Termahal di Jawa Timur

Surabaya Pusat yang menjadi lokasi berdirinya Tunjungan Plaza, bersama Surabaya Selatan menjadi wilayah dengan biaya servis tertinggi.

Keduanya membukukan biaya servis rata-rata mencapai Rp 130.000 per meter persegi per bulan.

Meski begitu, Surabaya Pusat juga menjadi wilayah dengan jarak biaya servis paling besar dibandingkan wilayah-wilayah lainnya di Surabaya.

Jarak atau jurang itu tercipta karena Surabaya Pusat memiliki banyak pusat perbelanjaan kelas atas dan juga di sisi lain memiliki mal-mal tua dengan biaya servis yang rendah.

Saat ini sekitar 10 dari total 30 pusat perbelanjaan di Surabaya menerapkan biaya pemeliharaan di antara Rp 100.000 sampai dengan Rp 130.000 per meter persegi per bulan.

Sedangkan beberapa mal tua dan pusat perbelanjaan strata title tetap membebankan biaya pemeliharaannya di bawah Rp 100.000 per meter persegi per bulan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com