Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agung Podomoro Klaim Tak Ada Ikan dan Kerang di Teluk Jakarta

Kompas.com - 03/07/2016, 17:28 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Agung Podomoro Land Tbk (APLN) keberatan disebut kerja amburadul dan membuat biota laut menjadi mati karena pembangunan reklamasi Pulau G atau Pluit City di Teluk Jakarta.

CEO PT Muara Wisesa Samudera (anak usaha APLN), Halim Kumala mengaatakan, ia sudah mengetahui kondisi alam di Teluk Jakarta sejak 1999.

Tepatnya di depan Green Bay Pluit, kondisinya sudah tidak memungkinkan untuk dilakukan ternak ikan akibat adanya Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU).

"Jadi ternak udang, kerang hijau, tidak ada. Nelayan cari ikannya jauh di utara," ujar Halim di Hotel Pullman, Jakarta, Sabtu (2/7/2016).

Ia mengaku mengetahui hal tersebut karena pada 1999 ia pindah ke Jakarta Utara dan beberapa kali memancing di Teluk Jakarta.

Pada tahun tersebut, Halim bisa memancing sampai di daerah Muara Karang Raya atau yang sekarang menjadi lokasi Perumahan Mediterania. Di daerah ini, kala itu, masih ada tambak ikan dan ternak kerang hijau.

Untuk mengetahui kondisi alam di laut tempat reklamasi akan dibangun, kontraktor yang disewa APLN, yakni PT Boskalis Internasional Indonesia atau anak usaha Royal Boskalis Westminster dan Van Oord selalu mengadakan soil tes.

Selain dilakukan kontraktor, Halim juga mengklaim menjalani tes tersebut sendiri pada 2012. Hasil tes tersebut menunjukkan, tanah di dasar laut yang berjarak 1.000 meter dari pantai sudah hitam. Dengan kata lain, kondisi alamnya sudah tercemar polusi.

"Saya ambil tanah untuk tahu seperti apa (polusinya). Sekarang pun sama persis, tanahnya hitam. Saya masih simpan sampai sekarang tanahnya," sebut Halim.

Hasil temuan tersebut juga menunjukkan jika ada kerang hijau yang diambil dari daerah ini, pasti tidak bisa dimakan.

Selain itu, kata Halim, nelayan yang menangkap ikan di daerah tersebut juga seharusnya sudah sejahtera. Pasalnya, jarak dari pelabuhan hanya 2-3 menit.

Dengan demikian, ia menekankan, sejak 1999 pun sudah tidak ada nelayan yang menangkap ikan di daerah ini.

"Poinnya, Pulau G tidak bikin biota laut rusak, karena memang tidak ada," tandas Halim.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com