Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2,7 Juta Orang Berkunjung ke Mal Kelapa Gading Tiap Bulan

Kompas.com - 10/06/2016, 23:59 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kendati perekonomian Indonesia masih lesu, namun tingkat konsumsinya tak ikut surut.

Hal ini yang memacu pengelola Sentra Kelapa Gading meningkatkan target omset Festival Kuliner Ngabuburit (FKN) yang berlangsung di La Piazza selama 16 hari sejak 10 Juni hingga 26 Juni 2016 menjadi Rp 3 miliar.

"Omset selama 16 hari ini bisa menutupi omset para peritel yang berpartisipasi dalam FKN selama setahun," ungkap Deputy Excutive Director Sentra Kelapa Gading, Tommy Laurici, kepada Kompas.com, Jumat (10/6/2016).

Tommy yakin target tersebut dapat dicapai mengingat jumlah kunjungan selama Ramadhan selalu menunjukkan grafik meningkat. 

"Bisa sampai 120.000 orang per hari yang datang ke Mal Kelapa Gading dan La Piazza. Hari-hari biasa sekitar 100.000 orang," sebut dia.

Sementara jumlah pengunjung yang tercatat sejak awal tahun hingga Mei 2016 adalah sebanyak 2,7 juta orang atau sekitar 450.000 kendaraan per bulan.

Dalam catatan Kompas.com, tingginya angka kunjungan ke Mal Kelapa Gading dan La Piazza selama sebulan itu sama dengan jumlah orang Indonesia yang datang dan berbelanja ke Singapura dalam setahun.

Sebelum kejatuhan pasar ritelnya, Singapura selama ini dikenal sebagai surga belanja bagi tax free shopping (TFS) orang Indonesia.

Selama 2015 saja, terdapat 2,7 juta orang Indonesia yang berbelanja di Negeri Singa. Menurut Global Blue, shoppers Indonesia terbesar kedua setelah China, dan secara historis dianggap penting oleh para peritel yang beroperasi di negara kota tersebut.

"Karena shoppers Indonesia mewakili hampir seperlima dari jumlah transaksi global TFS," ujar Wakil Presiden Global Blue Asia Pasifik, Jan Moller, dalam laman resmi Global Blue.

Indonesia juga dianggap menjadi pendorong utama kinerja TFS Singapura dalam dua bulan pertama tahun 2016, Januari dan Februari, dengan rata-rata pertumbuhan 4 persen secara bulanan dan 3 persen secara tahunan (2015), meskipun terjadi sedikit penurunan pengeluaran dengan angka rerata 3 persen.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com