Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Basuki Terlambat, Peresmian Pembangunan Wisma Atlet Jakabaring Belum Juga Dilaksanakan

Kompas.com - 09/06/2016, 15:54 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

PALEMBANG, KOMPAS.com - Perumnas merencanakan peresmian pembangunan Rumah Susun Umum atau Kawasan Hunian Atlet Terpadu di Jakabaring, Palembang, Kamis (9/6/2016).

Berdasarkan pantauan Kompas.com, acara yang dijadwalkan pada pukul 14.00 WIB siang itu hingga pukul 15.36 WIB sore belum juga dilaksanakan lantaran masih menunggu kehadiran Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono.

Padahal, Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin, Direktur Jenderal Pembiayaan Perumahan Rakyat Kementerian PUPR Maurin Sitorus, dan Direktur Utama Perumnas Himawan Arief Sugoto sudah berada di lokasi persemian.

Rumah Susun Umum itu rencananya akan dibangun di atas lahan seluas 5 hektar dan akan terdiri dari 2.600 unit.

Selain itu, Rumah Susun Umum ini bakal terhubung dengan Light Rail Transit (LRT) dan Jalan Musi 4.

Pelaksanaan pembangunannya merupakan kerja sama antara Perumnas dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) serta Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan.

Adapun biaya yang digunakan sebesar Rp 600 miliar dan bukan merupakan dana Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

Dana tersebut berasal dari keuangan internal Perumnas dan pinjaman perbankan, yaitu PT Bank Tabungan Negara Tbk serta PT Bank Sumsel Babel.

Setelah digunakan sebagai wisma atlet, Perumnas berencana akan menjual unit-unit rumah susun umum tersebut ke masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dan juga PNS Sumatera Selatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com