Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nih, Tempat Membaca dengan Sensasi Berbeda...

Kompas.com - 21/10/2015, 22:00 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

KOMPAS.com - Sebuah toko buku kini jarang diminati, terutama oleh generasi muda. Alasan itu yang mendorong Archstudio, studio arsitektur China, membuat toko buku dan kafe dalam satu tempat dengan nama Rong Bao Zhai. Tujuannya jelas, untuk membangkitkan gairah anak muda dalam membaca di toko buku.

Proyek toko buku dan kafe ini terletak di sepenggal jalan Kota Beijing, yang dulunya terkenal sebagai tempat berjualan lukisan, kaligrafi, dan buku-buku kuno. Konsep rancangannya berdasarkan inovasi baru yang sesuai dengan era teknologi informasi saat ini.

Selain sesuai teknologi, bentuk bisnis yang ditawarkan juga harus inovatif dan memiliki perbedaan dengan membaca atau membeli buku secara online. Hasilnya, Archstudio mengombinasikan toko buku dengan kafe yang mampu menarik pembaca untuk mengalami sensasi membaca buku yang berbeda.

Total luas bangunan toko buku dan kafe Rong Bao Zhai sekitar 300 meter persegi dan memiliki dasar tiang-tiang yang ada dalam gedung. Di tengah ruangan sebuah meja menjadi pusat perhatian, dikelilingi rak buku besi di sekitarnya.

Sebuah meja cukup besar diletakkan di tengah ruangan di lantai dasar. Meja itu digunakan sebagai tempat pembayaran atau kasir dan tempat membuat kopi. Berikutnya, yang menjadi pusat lantai dua adalah sebuah ruang pertemuan berbentuk kotak besar dibungkus kaca.

Kaca itu sendiri dapat dimodifikasi sehingga bisa terlihat transparan atau sedikit buram. Hal itu kemudian memberikan penggunaan yang fleksibel pada ruangan. Dalam rangka menghilangkan kesan kaku pada toko buku, Archstudio membuat rak buku khusus menggunakan bahan transparan yang digabung dengan jeruji-jeruji besi sebagai bahan pendukung vertikal dan lempengan besi sebagai papannya.

Di sekitarnya juga terdapat furnitur berisikan tanaman untuk memberikan kesan natural dan sejuk serta ketenangan dalam ruangan. Lampu LED dipasang di bagian bawah tempat tanaman untuk memberikan pencahayaan tidak langsung bagi pembaca.

Pada akhirnya, dengan ditemani secangkir kopi beraroma khas, obrolan dengan orang lain, buku-buku dan alam, toko buku dan kafe Rong Bao Zhai mampu menciptakan lingkungan membaca santai dan nyaman dengan ritme yang tentram dan tenang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com