Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/07/2015, 07:08 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Raksasa properti Surabaya, PT Pakuwon Jati Tbk (PWON) mencetak laba komprehensif yang disesuaikan selama kuartal II 2015, senilai Rp 1,019 triliun atau tumbuh 12 persen dibanding periode yang sama tahun lalu. 

Sementara untuk segmen pendapatan bersih, perusahaan yang kini tengah mengembangkan Grand Pakuwon dan Tunjungan Plaza 5 ini berhasil mendulang sebesar Rp 2,425 triliun. Nominal ini tumbuh 29 persen dari tahun sebelumnya senilai Rp 1,880 triliun.

Menurut Investor Relation Drector PT Pakuwon Jati Tbk, Irene Tedja, komposisi pendapatan tersebut terdiri atas 46 persen pendapatan berulang (recurring revenue) dan 54 pendapatan pengembang (development revenue).

"Kedua sumber pendapatan ini tumbuh masing-masing 26 persen, dan 32 persen," ujar Irene dalam keterangan tertulis kepada Kompas.com, Rabu (29/7/2015). 

Irene menjelaskan, pendapatan berulang perseroan tercatat mencapai Rp 1,110 triliun. Sementara pada tahun lalu sebesar Rp 884 miliar. Peningkatan pendapatan terutama beradal dari pusat belanja Kota Kasablanka, Gandaria City, Tunjungan City, dan Supermal Pakuwon Indah.

Saat ini PWON adalah pemilik dan pengelola pusat belanja dengan luas nett leasable area (NLA) lebih dari 512.000 meter persegi m2. Perluasan pusat belanja di Tunjungan City dan Supermal Pakuwon Indah yang saat ini tengah berlangsung akan memberi tambahan 26 persen luas NLA. 

Portofolio recurring revenue juga akan meningkat dengan bertambahnya 5 hotel yakni Sheraton Jakarta Gandaria City, Ascott Waterplace Surabaya, The Four Points by Sheraton Surabaya, Pullman Surabaya Supermal dan Ibis Styles Surabaya Supermal.

Perseroan juga berencana menambah luas ruang perkantoran sewa di Tunjungan City, Kota Kasablanka dan Gandaria City.

Sedangkan pendapatan pengembangan PWON melonjak 32 persen dari sebelumnya Rp 996 miliar menjadi Rp 1,315 triliun. Hal ini ditopang oleh campuran pengakuan pendapatan atas penjualan unit-unit kondominium dan perkantoran Tunjungan Plaza 5, unit-unit apartemen kondominium Orchard and Tanglin di Supermal Pakuwon Indah dan unit-unit rumah di Pakuwon City. 

Hingga Juni 2015, PWON telah membukukan marketing sales  senilai Rp 2 triliun, meroket 82 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2014 sebesar Rp 1,1 triliun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com