Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakuwon Raup Keuntungan Rp 1,5 Triliun

Kompas.com - 26/03/2015, 07:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Raksasa properti Surabaya, PT Pakuwon Jati Tbk (PWON) membukukan laba komprehensif 2014 (setelah dikurangi pos luar biasa) senilai Rp 1,477 triliun. Laba ini melonjak 30 persen dari tahun 2013 sebesar Rp 1,136 triliun.

Keuntungan tersebut berasal dari pendapatan bersih yang tercatat sebesar Rp 3,872 triliun atau meningkat 28 persen dari tahun sebelumnya dengan nilai Rp 3,030 triliun.

Direktur Hubungan Investor PWON Irene Tedja, menyebutkan komposisi pendapatan terdiri atas 46 persen recurring revenue atau pendapatan berkelanjutan, dan 54 persen development revenue atau pendapatan pengembangan. 

"Hal ini sejalan dengan strategi perseroan untuk tumbuh dengan komposisi pendapatan yang berimbang 
antara recurring dan development revenue. Perseroan mampu mendorong kedua sumber pendapatan tersebut tumbuh masing-masing 25 persen, dan 31 persen," ungkap Irene dalam siaran pera yang dikirimkan melalui surel kepada Kompas.com, Rabu malam (25/3/2015). 

Pendapatan berkelanjutan perseroan tahun 2014 mencapai Rp 1,789 triliun. Lebih besar dibandingkan lencapaian tahun 2013 sebesar Rp 1,434 triliun antara lain karena peningkatan pendapatan dari Superblok Kota Kasablanka, Gandaria City, dan Superblok Tunjungan City.

Akuisisi PT Pakuwon Permai yang terlaksana pada bulan Oktober 2014 memperkuat basis recurring revenue  perseroan dengan bertambahnya pusat perbelanjaan ritel dari 334.000 meter persegi menjadi 512.000 meter persegi net leasable area atau NLA dari tiga pusat perbelanjaan Blok M Plaza di Jakarta, Supermal Pakuwon Indah dan Royal  Plaza di Surabaya. 

Basis Pertumbuhan 2015 

Untuk tahun 2015 basis recurring revenue PWON akan semakin solid seiring dengan rencana 
operasional pusat perbelanjaan ritel Tunjungan Plaza V dan hotel Four Points di Superblok Tunjungan City, Ascott service apartment di kawasan Supermal Pakuwon Indah dan Sheraton Hotel di Gandaria City.

Selain itu PWON juga akan memperoleh kontribusi setahun penuh dari  recurring revenue PT Pakuwon Permai dibandingkan 2014 yang hanya 2,5 bulan. Development revenue PWON juga akan terus tumbuh dengan pengakuan pendapatan atas  penjualan apartemen, dan perkantoran di Superblok Tunjungan City, apartmen di superblok Supermall Pakuwon Indah, apartemen Edu City, perumahan Pakuwon City, apartemen di superblok Kota Kasablanka, dan perumahan Grand Pakuwon yang baru dimulai pemasarannya akhir 2014.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com