Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mendekati Lebaran, Jumlah Pengunjung Mal Melonjak

Kompas.com - 29/06/2015, 13:01 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Jumlah pengunjung mal-mal di Jakarta saat Ramadhan, dan dua pekan menjelang Hari Raya Idul Fitri semakin membeludak. Terutama di pusat-pusat belanja yang berada atau dekat dengan kawasan perumahan.

Di Mal Kelapa Gading Jakarta Utara, Summarecon Mal Bekasi, Summarecon Mal Serpong, dan Gandaria City, jumlah pengunjung bisa mencapai ratusan ribu orang per hari. 

Menurut GM Corporate Communication PT Summarecon Agung Tbk., Cut Meutia, pengunjung mal-mal yang dikembangkan dan dikelola perseroan terus meningkat hingga pekan kedua Ramadhan tahun ini.

Dia mencatat, sampai tanggal 28 Juni 2015, jumlah pengunjung mencapai 100.000 orang pada hari biasa (weekdays) dan 120.000 orang pada akhir pekan (weekend). 

"Padahal, jumlah tersebut belum diakumulasi seluruhnya," tutur Meutia kepada Kompas.com, Senin (29/6/2015). 

Sementara jumlah kunjungan pada musim-musim di luar Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri berada pada angka 3 juta hingga 3,5 juta orang per bulan.

Summarecon Mall Serpong yang berada di kawasan Serpong, Tangerang Selatan, juga tak kalah ramainya. Mal yang belum genap satu dasa warsa itu mencatat jumlah kunjungan 80.000 orang selama hari kerja, dan 100.000 orang pada akhir pekan.

Demikian halnya dengan Summarecon Mall Bekasi yang didatangi sekitar 75.000 orang pada hari Senin-Jumat, dan 80.000 orang pada Sabtu-Minggu. 

Menurut Meutia, jika diakumulasikan selama sebulan, kunjungan di Summarecon Mall Serpong dan Summarecon Mall Bekasi berpotensi mencapai masing-masing 2,5 juta-3 juta dan 2 juta-2,5 juta per bulan. 

Hal tersebut mempertimbangkan antusiasme masyarakat di sekitar kawasan perumahan Gading Serpong, dan perumahan Summarecon Bekasi serta kawasan lain di sekitarnya yang menjadi catchment area mal-mal ini.

Event and Promotion Manager Gandaria City Mall, Zico Rossano Hansakarya, juga mengungkapkan angka-angka tinggi jumlah kunjungan.

Dalam catatan Zico, jumlah kendaraan yang masuk di Mal Gandaria City yang berada di kawasan Jakarta Selatan, selama dua pekan Ramadhan, sebanyak 8.000 pada hari biasa dan 12.000 pada akhir pekan.

"Kami menghitung berdasarkan car count. Kami perkirakan, puncak Ramadhan di Gandaria City akan terjadi pada tanggal 4 Juli dan 12 Juli," imbuh Zico.

Pada tanggal 4 Juli dan 14 Juli tersebut, kata Zico, akan berlangsung midnite sale  dengan penawaran harga menarik untuk brand-brand tertentu. Acara ini, tentu saja akan menjadi magnitude buat konsumen sebelum mudik Lebaran.

"Mereka yang datang adalah konsumen dengan profil social economic scale (SES) B+ dan A. Rata-rata dari area Jakarta Selatan yakni Pondok Indah, Gandaria, dan Permata Hijau," beber Zico.

Selain itu, Gandaria City juga diramaikan pengunjung yang berasal dari Kebon Jeruk dan Puri Indah (Jakarta Barat), serta Ciputat, Bintaro, dan BSD City (Tangerang Selatan).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com