Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumah Tangga Pinggiran Lebih Memilih Mesin Cuci Dua Tabung

Kompas.com - 14/06/2015, 15:00 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

NUSA DUA, KOMPAS.com - Mesin cuci yang beredar di pasaran terdiri dari dua jenis, yaitu satu tabung (fully auto) dan dua tabung (twin tub). Jenis mesin cuci dengan dua tabung hanya ada di Indonesia dan dibuat di tanah air.

General Manager of Product Planning Division PT Sharp Electronic Indonesia, Herdiana Anita Pisceria, menjelaskan mesin cuci fully auto lebih banyak digunakan oleh penduduk di perkotaan yang sibuk. Sementara sisanya yang tinggal di pinggiran kota, masih membutuhkan mesin cuci dua tabung lantaran budaya yang sudah melekat.

"Orang-orang yang tinggal di pinggiran kota masih percaya kalo pake dua tabung, dia bisa kontrol air. Kalau fully auto itu air terbuang otomatis kan," ujar wanita yang biasa dipanggil Nana kepada Kompas.com, Jumat (12/6/2015).

Ia mencontohkan pada mesin cuci dua tabung, air dimasukkan secara manual. Selain itu, air untuk mencuci ini juga bisa digunakan berkali-kali.

Caranya, konsumen kerap mencuci pakaian berwarna putih terlebih dahulu. Kemudian, baju putih ini diangkat dan diletakkan pada tabung sebelahnya. Setelah itu, air di tabung sebelumnya digunakan untuk mencuci pakaian berwarna lainnya.

"Itu pilihan. Kalau memang mau hemat listrik, ya tidak usah pakai pengering. Kan Indonesia iklimnya panas. Pakai saja (mesin cuci) yang fully auto, pilih tidak pakai pengering," jelas Nana.

Selain itu, masih dipilihnya mesin cuci dua tabung juga karena harganya yang lebih terjangkau. Jika dulu satu tabung dengan kapasitas 6 kilogram bisa dibeli seharga Rp 1,4 juta-Rp 1,5 juta, sekarang harganya sudah mendekati Rp 2 juta per unit. Sementara mesin cuci dua tabung harganya masih lebih terjangkau, yaitu Rp 1,2 juta-Rp 2 juta.

Teknologi

Dari sisi teknologi, lanjut Nana, lebih sederhana menggunakan mesin cuci dua tabung. Biasanya, para pembantu konsumen di perkotaan yang diserahkan untuk mencuci menggunakan mesin, kebingungan dengan banyaknya tombol pada mesin cuci fully auto.

"Tiap hari pakai program sama. Pencet tombol itu-itu saja. Sama saja berarti menggunakan twin tub (dua tabung)," kata Nana.

Semeentara, mesin cuci fully auto lebih efisien. Pasalnya, para konsumen tidak perlu sering mengecek dan memindahkan pakaian yang sedang dicuci.

Dengan mesin cuci fully auto ini, konsumen bisa meninggalkan mesin saat beroperasi dan mengecek kembali saat selesai beroperasi. Dibandingkan dengan dua tabung, konsumen harus secara manual mengisi air pada jenis mesin cuci ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com