Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2016, Sharp Pindahkan Seluruh Produksi ke Karawang

Kompas.com - 13/06/2015, 08:00 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

NUSA DUA, KOMPAS.com - Untuk memenuhi kebutuhan elektronik rumah-rumah tangga, PT Sharp Electronic Indonesia akan memindahkan seluruh produksi elektroniknya dari pabrik yang terletak di Pulo Gadung, Jakarta Timur.

Menurut President Director Fumihiro Irie, seluruh produksi ini akan terpusat di Karawang, Bekasi.

"Pada 2015, seluruh produksi lemari es akan bergabung di Karawang," ujar Irie saat jumpa pers di Hotel Westin, Nusa Dua, Bali, Jumat (12/6/2015).

Ia menjelaskan, selain lemari es, Sharp juga masih memproduksi televisi di pabrik Pulo Gadung. Pemindahan produksi televisi ini akan dilakukan Maret 2016. Dengan demikian, menurut Irie, tahun depan, seluruh produksi sudah bisa dilakukan di Karawang.

Sementara itu, National Sales General Manager Andri Adi Utomo mengatakan, perusahaan menargetkan penjualan sebesar 115 persen tahun ini. Hal ini berarti, akan ada peningkatan produksi.

"Walaupun banyak yang bertanya-tanya apa target ini bisa tercapai, saya optimistis dan katakan pasti bisa," kata Andri.

Peningkatan penjualan tersebut, Andri menjabarkan adalah sebanyak 1,5 juta unit lemari es, 1 juta unit mesin cuci, 1 juta unit pendingin ruangan, dan 1 juta unit panel televisi.

Perbedaan produksi antara tahun lalu dan tahun ini cukup besar. Pada 2014, angka yang sama tahun ini tidak terpenuhi. Andri memperkirakan, jumlahnya hanya 70 persennya saja. Namun, ia menolak menyebutkan angka pasti.

Saat ini, kapasitas di pabrik belum terpakai secara maksimal. Menurut dia, pemakaiannya baru 75-80 persen karena pabrik tidak dipakai selama 24 jam.

Karena belum terpakai sepenuhnya, masih ada kesempatan bagi perusahaan untuk meningkatkan produksi. Salah satu caranya adalah dengan menambah pekerja dan waktu pergantian jam kerja menjadi dua shift, sehingga pabrik bisa beroperasi selama 24 jam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com