Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Tunda Membersihkan Rumah!

Kompas.com - 27/01/2015, 06:36 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

www.houzz.com Sebelum meninggalkan rumah, Anda juga harus memastikan bahwa ruangan-ruangan di rumah Anda telah bersih dan rapi.

KOMPAS.com - Membersihkan dan mengorganisasi rumah, terkadang menjadi pekerjaan yang sulit dan melelahkan. Meski begitu, Anda tidak bisa menghindari kegiatan ini jika ingin rumah tampak bersih dan rapi.

Terdapat beberapa ulasan sederhana yang bisa Anda lakukan untuk membuat pekerjaan rumah terasa lebih ringan. Kuncinya adalah lakukan segera!

1. Sentuh sekali saja

Jika Anda memegang sesuatu, dan Anda tengah menimbang-nimbang apakah menyimpan barang tersebut atau menyingkirkannya, putuskan segera. Hal ini bisa membantu Anda untuk mengurangi keberadaan barang-barang menumpuk di rumah.

2. Jangan tunda apa yang bisa Anda lakukan hari ini

Seringkali, membersihkan rumah setelah proyek renovasi, terasa berat. Meski begitu, Anda tidak bisa menundanya. Segera lakukan pembersihan sampai ke detail terakhir. Pada akhirnya, Anda akan bersyukur bahwa ampas proyek tidak bertahan lama-lama di rumah.

3. Bersih saat Anda pergi

Setelah memasak, segera bersihkan pisau, gelas, dan peralatan lainnya sebelum Anda meninggalkan dapur. Hal tersebut lebih mudah dilakukan dibandingkan jika Anda harus menumpuknya di wastafel pencuci piring dan membiarkan sisa makanan menempel di sana.

Setelah mencuci piring dan gelas, jangan lupa untuk membersihkan wastafel dari sisa makanan atau sabun.

Saat Anda bangun tidur, segera rapikan seprai, selimut dan letak bantal di atas kasur Anda. Kamar tidur akan seketika terlihat rapi jika seprai kasur terbentang sempurna di kasur.

Sebelum meninggalkan rumah, Anda juga harus memastikan bahwa ruangan-ruangan telah bersih dan rapi. Dengan demikian, saat kembali dari pekerjaan atau perjalanan, Anda tidak perlu menemukan rumah dalam keadaan kotor dan berantakan. Anda tentu sudah kehabisan tenaga untuk membereskannya.

4. Mulailah dengan ruang kosong

Ketika Anda ingin merenovasi atau mendekorasi ruangan, mulailah dari ruangan yang kosong. Sebagai contoh, jika Anda ingin mengatur dapur, bersihkan ruang tersebut dari peralatan-peralatan memasak terlebih dahulu.

Ruang kosong akan memudahkan Anda memberikan sudut pandang yang tepat untuk mengorganisasi barang-barang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com