Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasar Properti Detroit Kembali Bangkit!

Kompas.com - 29/09/2014, 06:42 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

Sumber CNBC
DETROIT, KOMPAS.com - Setelah babak belur dihajar krisis dan utang, pasar properti Detroit, Michigan, Amerika Serikat kembali bangkit. Bahkan, pertumbuhannya lebih kuat ketimbang kondisi ekonominya.

Menurut Realcomp, harga rerata rumah melonjak hampir 15 persen. Mereka melihat saat ini merupakan waktu yang sangat baik bagi penjual untuk menjual properti. Demikian halnya dengan konsumen, saat yang tepat untuk membeli properti.

Melonjaknya harga tersebut dipicu ketatnya pasokan eksisting. Meskipun pasokan baru pada Agustus 2014 tumbuh 17 persen, atau melampaui level tertinggi pada 2007, namun tetap saja belum dapat memenuhi kebutuhan pasar.

"Kondisi semakin membaik. Banyak rumah baru dibangun dengan harga sangat tinggi. Sementara suku bunga masih menarik. Namun, secara umum tingkat penjualan justru menurun karena harga terlalu tinggi," ujar Pincipal Century 21 Detroit, Estereicher.

Selain itu, berkurangnya penjualan juga dipicu relokasi warga kota ke daerah-daerah di sekitar Detroit yang berkontribusi terhadap melemahnya permintaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com