Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Kalau Mau Maju, Jakarta Harus Lakukan Lima Hal Mendasar..."

Kompas.com - 27/09/2014, 17:19 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengamat politik, Eep Saefulloh Fatah, menawarkan lima solusi mendasar bagi Jakarta jika ingin bertransformasi menjadi kota maju, modern, ramah investasi, dan layak huni.

"Lima hal mendasar ini sangat menentukan orientasi Jakarta, apakah akan tetap menjadi ibu kota urbanisasi atau justru berubah menjadi lebih baik, dan manusiawi," ujar Eep kepada Kompas.com, Sabtu (27/9/2014).

Lima hal menentukan tersebut, tutur Eep, adalah pertama kepemimpinan. Seorang pemimpin harus memiliki kehendak (willingness) serius membenahi kota sekaligus berani mengambil risiko.

"Dua faktor tersebut harus dimiliki seorang Gubernur DKI Jakarta atau pemimpin daerah lain pada umumnya. Kalau hanya punya potential willingness saja percuma, tidak cukup tanpa disertai eksekusi di lapangan atau mengubah energi potensial menjadi energi kinetik agar program-program tidak sebatas tataran wacana melainkan dijalankan dengan maksimal," tambah Eep.

Hal mendasar kedua, lanjut dia, adalah manajemen dukungan publik. Faktor ini sangat penting. Jika seorang pemimpin sudah didukung publik, maka dia tidak punya kewajiban apa pun untuk mengikuti kemauan segelintir politisi di DPRD, melainkan kewajiban memenuhi kehendak publik.

"Hal mendasar ketiga adalah manajemen pemerintahan. Ini menyangkut penataan birokrasi, efisiensi anggaran, restrukturisasi, transparansi kerja, evaluasi dan monitoring. Ini membutuhkan kemampuan manajerial dari seorang pemimpin," imbuh Eep.

Hal mendasar keempat, tambah Eep, adalah manajemen kebijakan harus dibuat secara terperinci, dan dipertimbangkan secara teknokratis. "Manajemen kebijakan harus matang dan layak di hulu dan eksekusi  di hilir," tandasnya.

Terakhir, manajemen dukungan politik. Hal ini diperlukan agar seluruh kebijakan dan program daerah dapat diimplementasikan, termasuk penetapan dan pengesahan anggaran untuk pengadaan lahan dan pembangunan permukiman.

"Jika Jakarta melaksanakan lima hal ini, akan menjadi kota yang lebih efektif, efisien, fungsional, modern, dan juga layak huni," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau