Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Dadu", Furnitur Multifungsi dari Tripleks

Kompas.com - 14/08/2014, 10:46 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com - Material sederhana bisa menghasilkan berbagai furnitur dalam bentuk menarik. Salah satu contohnya adalah furnitur karya studio arsitektur asal Jepang, Torafu Architects.

Torafu membuat furnitur bernama "Dice" dari tripleks yang cukup tebal. Bagian pinggir-pinggir tripleks dilengkapi dengan pengaman karet.

Menariknya, pemilihan nama "Dice" atau yang berarti dadu, ternyata sesuai dengan karakter furnitur tersebut. Furnitur dengan enam sisi itu bisa digunakan untuk tiga fungsi, tergantung dari arah hadapnya.

"Kami merancang sebuah perabot dengan beberapa posisi istirahat yang dapat digunakan oleh anak-anak sampai mereka mencapai usia dewasa, dengan menggulingkannya lebih seperti dadu," ujar para desainer Torafu dalam situs resminya.

Setiap "Dice" menawarkan tiga posisi bagi penggunanya. Posisi pertama bisa digunakan oleh anak kecil. Posisi ini mirip dengan meja di ruang kelas yang terhubung dengan kursinya.

Posisi kedua mirip dengan dingklik yang bisa digunakan orang dewasa. Posisi ketiga disebut dengan "rak sisi". Sesuai namanya, posisi ini membuat "Dice" bisa digunakan sebagai rak buku.

"Furnitur multiguna ini bisa digunakan dalam tiga cara berbeda. Tergantung di sisi mana furnitur tersebut diistirahatkan," kata para desainer.

Torafu menekankan, hasil karya mereka tersebut merupakan cara untuk menghindari keterbatasan yang ada pada furnitur pada umumnya. Para desainer yang tergabung dalam Torafu percaya bahwa mereka telah menciptakan furnitur multifungsi yang bisa digunakan sebagai "sobat" dalam berbagai tahap kehidupan seseorang.

Torafu Architects menawarkan dua desain "Dice". Meski bentuknya serupa, kedua furnitur yang dibuat dari tripleks ini tersedia dalam warna pastel dengan mengaman ujung dari karet, serta warna lebih tua dengan pengaman ujung berwarna kuning.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com