Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Baru Keren, Kursi Ringan Berteknologi Formula 1

Kompas.com - 05/08/2014, 10:25 WIB
Tabita Diela

Penulis

Sumber Dezeen

KOMPAS.com - Penggunaan material-material baru untuk produk furnitur selalu layak disimak. Desainer asal London, Inggris, Michael Sodeau baru-baru ini membuat desain kursi istimewa menggunakan Hypetex.

Hypetex merupakan material serat karbon yang dikembangkan oleh insinyur di balik desain mobil balap Formula 1.

Tidak main-main, para insinyur yang mengembangkan Hypetex membutuhkan tujuh tahun untuk penelitian dan pengembangan. Proses yang cukup panjang ini akhirnya membuahkan komposit serat karbon dengan berbagai warna. Bahan ini ringan, namun cukup tangguh untuk menyangga pengguna kursi.

Produk pertama yang sepenuhnya menggunakan material ini adalah kursi bersantai Halo, karya Michael Sodeau. Kursi ini memiliki sandaran berbentuk lingkaran, serta duduk melengkung. Sodeau mengaku, dia ingin menciptakan produk dengan identitas yang kuat.

"Kami ingin menciptakan bentuk yang sangat grafis, sesuatu yang akan memiliki identitas kuat, maka itulah ide (bentuk) piringan di belakang kursi. Bentuk berkontur tersebut berinteraksi sempurna dengan cahaya dan menciptakan refleksi hidup pada permukaan material," ujar Sodeau.

Sodeau memandang Hypetex sebagai material berbeda dari material lain yang pernah dia kerjakan sebelumnya. Material ini menawarkannya kebebasan dalam mendesain, dan mampu menghasilkan bentuk yang sangat dinamis.

Kursi-kursi Halo ini, menurut rencana, akan diluncurkan pada pameran Designjunction dalam London Design Festival. Festival tersebut diadakan pada September mendatang. Sejauh ini, Hypetex dan Michael Sodeau Studio masih bekerja sama mengembangkan aplikasi desain untuk material ini.


 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com