Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kejar Jakarta, London Bangun Banyak Gedung Tinggi

Kompas.com - 13/03/2014, 18:40 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

Sumber cityam
KOMPAS.com - Cakrawala kota London bakal berubah dalam beberapa tahun mendatang. Pasalnya, di ibukota Inggris ini, pembangunan properti pencakar langit tak kalah marak dengan Jakarta.

Jika Jakarta punya 133 proyek properti yang sedang dalam tahap konstruksi, maka London mengejarnya dengan 45 gedung.

Menurut New London Architecture dan GL Hearn, terdapat lebih dari 236 gedung dengan ketinggian di atas 20 lantai. Sebanyak 72 sedang dalam rancangan, 113 disetujui untuk dibangun dan 45 dalam tahap konstruksi. Jumlah ini melonjak dua kali lipat dari perkiraan semula.

Fenomena tersebut tak lepas dari pertumbuhan bisnis yang berdampak pada tingginya permintaan ruang kantor. Wilayah Canary Wharf dan pusat kota merupakan generator paling aktif memicu perkembangan sektor properti London.

Chief Executive and Head of London Market Cushman and Wakefield Inggris, Digby Flower, mengatakan, meskipun harga sewa perkantoran naik, mencapai 2,122 euro atau setara Rp 34,1 juta per meter persegi, namun London tetap menarik.

"Kota ini sangat menarik bagi banyak perusahaan internasional sebagai magnit global yang terus tumbuh. Kawasan perkantoran premium West End tampil sebagai terdepan yang mengalami stabilitas permintaan dan berlanjut tahun ini," ungkap

," Digby Flower, Cushman & Wakefield's UK chief executive and head of London markets - See more at: http://www.worldpropertychannel.com/europe-commercial-news/london-is-most-expensive-office-market-cushman-wakefield-hong-kong-cbre-jones-lang-lasalle-global-office-markets-8013.php#sthash.QtcfD6Hw
Flower.

Sementara apartemen tumbuh di daerah-daerah yang sebelumnya "bebas" gedung tinggi yakni Greenwich, dan Lambeth.



Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com