Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kloset Bocor? Tak Perlu Panik, Ikuti Cara Berikut...

Kompas.com - 29/01/2014, 16:57 WIB
Tabita Diela,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kloset yang mengalami kebocoran, ternyata, bisa menghabiskan sekitar 3.800 liter air setiap bulannya. Daripada menyesal di kemudian hari, lebih baik Anda mengeceknya terlebih dahulu. 

Berikut ini cara mudah mengetes ada atau tidak adanya kebocoran pada kloset duduk. Anda   hanya butuh menyediakan waktu sekitar 30 menit dan pewarna makanan.

Pertama, buka penutup tangki air dan letakkan di sisi kloset. Setelah itu, teteskan lima atau enam tetes pewarna makanan ke dalam tangki air kloset tersebut. Ketika Anda sudah melihat pewarna makanan mulai menyebar dan mewarnai air yang ada di dalam tangki, tutup kembali tangki. Setelah itu, bukalah penutup atau dudukan kloset agar Anda bisa melihat air yang ada di bagian dasar mangkuk kloset (toilet bowl).

Biarkan selama 30 menit dan jangan mengguyur, apalagi menggunakan kloset tersebut. Jika air yang semula tidak berwarna sudah berubah, maka artinya kloset Anda mengalami kebocoran. Kemungkinan, ada kebocoran kecil yang membuat air dalam tangki terus mengalir pada mangkuk kloset.

Jika hal tersebut terjadi, cobalah membuka kembali penutup tangki. Kini, guyur (flush) kloset Anda. Perhatikan rantai dan kenop antara tangki dan mangkuk kloset. Kemungkinan, rantai di dalam tangki kloset Anda tersangkut. Setelah Anda betulkan posisinya dan kenop mampu kembali pada dudukannya, maka masalah Anda selesai.

Namun, jika penyumbat bagian dasar tangki tidak dapat duduk dengan sempurna, maka Anda perlu mengencangkannya lagi. Gunakan tangan Anda untuk membuatnya kembali pas pada dudukan. Namun, pastikan kenop karet tersebut tidak lembut atau cenderung lembek. Ganti segera jika yang Anda temukan sudah terasa lembut.

Ketika mengganti kenop karet, pastikan Anda menghentikan aliran air dengan memutar keran yang ada di belakang kloset. Jangan lupa, nyalakan kembali setelah memasangnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com