Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Depok Bisa Kaya jika Kembangkan Sektor Pengairan

Kompas.com - 21/09/2013, 15:32 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

DEPOK, KOMPAS.com — Depok kaya, tapi miskin. Pendapatan Asli Daerah (PAD) tercatat hanya sebesar Rp 379,7 miliar pada 2012. Itu pun sebagian besar berasal dari pajak daerah. Terutama Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dan BPHTB masing-masing sebesar Rp 130 miliar dan Rp 138 miliar.

Padahal, di kota ini banyak beroperasi industri dan pabrik-pabrik skala nasional. Namun, industri-industri tersebut justru sejak lama diplot masuk ke pusat (Jakarta). Walhasil, uangnya lari ke pusat. Sementara Depok mendapat "porsi" tanggung jawab lebih besar untuk membereskan dampak dari aktivitas ekonomi pusat tersebut. Yakni masalah limbah, pencemaran, polusi, tenaga kerja, dan lain sebagainya.

Menurut Pengamat Lingkungan yang juga Staf Pengajar Tata Ruang Departemen Geografi FMIPA, Universitas Indonesia, Tarsoen Waryono, dengan kondisi seperti ini, Depok menjadi tidak memiliki kebebasan finansial untuk mengembangkan apa pun. Termasuk pembangunan infrastruktur jalan tol yang akan membuat kawasan menjadi lebih terbuka dan mengalami akselerasi pertumbuhan merata.

"Depok harus berbuat sesuatu. Jangan hanya mengandalkan PAD dari pajak dan sektor jasa. Kembangkan usaha yang lebih produktif. Kota ini memiliki keunggulan SDA di sektor pengairan karena ia merupakan pertemuan jalur pengairan dari Bogor dan Jakarta. Kualitas airnya berada di level 3 dan 3,5. Ini bisa dimanfaatkan dengan melibatkan investor nasional, terutama swasta," papar Tarsoen kepada Kompas.com, Jumat (20/9/2013).

Lebih jauh Tarsoen menjelaskan, kualitas air tanah di Depok, terutama di kawasan Sawangan, Cinere, dan bagian selatan lainnya jauh lebih baik. Jangan dilupakan pula, kota ini dialiri sungai Ciliwung, kali Pesanggrahan, dan kali Grogol yang bisa dijadikan pasok air baku. Jika ini dikembangkan dengan membuat sebuah produksi sejenis PDAM, maka Depok akan memiliki sumber pendapatan baru.

"Kebutuhan dana untuk mengembangkan usaha di sektor pengairan ini relatif terjangkau. Depok bisa menggandeng perusahaan swasta seperti yang dilakukan Jakarta," ujar Tarsoen.

Berdasarkan riset dan perhitungan yang pernah dilakukan Tarsoen, pasar yang akan menyerap produksi air dari Depok sangat besar dan luas. Jakarta saja hingga saat ini masih mengalami defisit pasok. Kebutuhan air baku di ibu kota itu mencapai 900 juta kubik per tahun. Namun hanya bisa dipenuhi tidak sampai separuhnya, yakni hanya 400 juta kubik per tahun. Sementara produksi perusahaan air minum PT PAM Lyonnaise Jaya (Palyja) masih kurang dari 200 juta meter kubik. Belum lagi kebutuhan air di kawasan lainnya yang dekat dengan Depok, seperti Bintaro dan BSD Serpong.

Depok dengan segala keunggulannya, harus berperan sebagai pemasok air baku bersih untuk wilayah-wilayah tersebut. Jika Depok mampu menghasilkan 600 juta meter kubik per tahun, potensi PAD kota ini akan bertambah besar. Dan, Depok dapat merealisasikan sejumlah rencana strategis jangka panjangnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com