Selasa, 2 September 2014
TREN PROPERTI
Akibat Krisis, Harga Rumah di Detroit Hanya 1 Dollar AS
Penulis : Hilda B Alexander | Sabtu, 20 Juli 2013 | 14:47 WIB
|
Share:
pictometry international corp
Rumah seharga 1 dollar AS ini masih ada dalam daftar kantor agen properti di Detroit.

KOMPAS.com -
Bangkrutnya kota Detroit, di negara bagian Michigan, Amerika Serikat, akibat terpaan krisis ekonomi dan utang 18,5 miliar dollar AS juga memporak porandakan sektor propertinya.

Jika tahun lalu, masih bisa ditemukan rumah yang dijual seharga belasan ribu dollar AS, tendensinya terus melorot hingga berita ini diturunkan. Bahkan, ada belasan rumah yang dibanderol seharga hanya 1 dollar AS (Rp 10.000) dengan ukuran 130 meter persegi.

Apakah ini momentum yang tepat membeli properti? Mengingat siklus yang terjadi di sana berada pada wilayah matahari tenggelam atau sunset? Tanpa bermaksud "menari di atas penderitaan" kota Detroit, harga rumah-rumah di sana sangat tidal masuk akal.

Situs agen properti paling beken di AS, Realtor.com, mencatat selain belasan rumah seharga hanya 1 dollar AS, terdapat ratusan rumah lainnya dengan harga di bawah 100 dollar AS (Rp 1 juta) yakni antara 30 dollar AS (Rp 301.000) hingga 80 dollar AS (Rp 801.000). Padahal, bila situasi normal, harga rumah-rumah tersebut bisa mencapai Rp 845 juta.

Sinyalemen bakal suramnya sektor properti di kota yang popular dengan industri otomotifnya itu sudah terjadi sejak 2006 lalu. Saat itu, pasok properti melebihi kebutuhan. Harga rumah di pusat kota yang saat itu mencapai 60.000 dollar AS (Rp 602 juta) anjlok menjadi 30.000 dollar AS (Rp 301 juta) dua tahun kemudian. Menurut situs The Daily Caller, saat itu kurva penurunan harga terjadi sangat tajam cenderung drastis dan terus berlanjut hingga terjun bebas sekarang ini.

Sejak saat itu, keadaan jauh lebih buruk. Harga rata-rata rumah di sana menjadi 2.000 dollar AS (Rp 20 juta) dari sebelumnya 13.000 dollar AS (Rp 130 juta). Setiap hari ada 15 rumah yang masuk dalam daftar jual situs broker-broker properti. Selain Realtor.com, juga Zillow.com, Realstalker.com dan lain-lain.

Daftar Zillow.com memperlihatkan harga rerata rumah yang dipatok pemiliknya senilai 100 dollar AS (Rp 1 juta). Kondisi rumah tersebut sangat memprihatinkan, meski pun masih sempat diperbaiki dan ditingkatkan kualitasnya. Namun, tetap saja tak mampu menutupi kerusakan parah pada rumah-rumah tersebut, akibat lama ditinggalkan penghuninya.

"Tapi, jika Anda berani mengambil risiko, kami memperkirakan bila rumah itu dijual kembali harganya akan lima kali lebih tinggi ketimbang harga sekarang," ujar Zillow.

Taksiran Tepat

Zillow memperkirakan saat ini terdapat setidaknya 1,4 juta unit rumah di Detroit. Dari sejumlah itu, 51,6 persen di antaranya dalam posisi dijual dengan nilai patokan yang sama sekali jauh dari akurat.

Harga taksiran akurat untuk rumah seluas 130 meter persegi dengan tiga kamar tidur dan dua kamar mandi adalah 27,8 dollar AS (Rp 2,7 juta). Sementara untuk rumah lainnya yang dijual seharga 100 dollar AS seharusnya 25,3 dollar AS (Rp 2,5 juta).