Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Lama Rumah Kontainer Bisa Bertahan?

Kompas.com - 05/07/2024, 19:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Lamanya masa pakai menjadi salah satu pertanyaan umum yang ingin diketahui masyarakat tentang material dan fasilitas hunian.

Hal itu juga termasuk rumah kontainer. Sehingga masyaakat bisa mempersiapkan rencana ke depan apabila rumah kontainer sudah perlu diganti.


Dikutip dari sejumlah sumber, rumah kontainer rata-rata bertahan 25 tahun hingga 30 tahun tanpa memerlukan perawatan besar, tapi tergantung iklim dan cuaca setempat.

Kendati begitu, perawatan, inspeksi, dan pengecatan rutin untuk mencegah karat, dapat memperpanjang umur rumah.

Baca juga: Tertarik dengan Rumah Kontainer? Ketahui Dulu Plus Minusnya

Di sisi lain, sebetulnya tidak ada jawaban pasti untuk pertanyaan tentang berapa lama kontainer pengiriman akan bertahan.

Hal itu tergantung pada jenis kontainer yang dipakai serta faktor-faktor lain yang bisa membatasi atau memperpanjang masa pakainya.

Kontainer pengiriman pada umumnya sangat kokoh dan stabil dari segala macam cuaca. Kontainer dibuat untuk menahan segala macam kondisi sambil menampung barang yang akan dikirim ke seluruh dunia.

Namun secara umum, kontainer pengiriman yang dirancang khusus untuk penggunaan di rumah, biasanya bisa bertahan lebih dari 30 tahun, tentu saja tergantung pada lingkungan dan faktor lainnya.

Untuk itu, saat membeli rumah kontainer, pastikan kondisi kontainer dan tanyakan seberapa lama umur pakainya dapat bertahan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com