Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Limpasan Air AC Bikin Kotor Halaman? Begini Cara Mengatasinya

Kompas.com - 20/10/2023, 15:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam proses mendinginkan ruangan, AC biasanya mengeluarkan air hasil kondensasi melalui saluran selang ke luar ruangan.

Sayangnya, karena penempatan yang keliru, limpasan air AC bisa membuat masalah drainase dan mengotori halaman rumah.

Jika tidak ingin menyewa tenaga profesional untuk menyelesaikan masalah ini langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah mengalihkan sebagian air drainase ke tempat lain.

Salah satu solusi termudah yang dapat dilakukan yakni dengan memasang pipa atau selang ekstensi ke saluran pembuangan AC Anda.

Kemudian panjangkan pipa tersebut menjauhi rumah atau arahkan ke area taman yang dipenuhi tumbuhan.

Baca juga: Apa yang Harus Dilakukan Jika AC di Rumah Anda Bocor?

Untuk menyembunyikan pipa pembuangan, jalankan saluran kondensasi ke saluran drainase yang terkubur, yang kemudian dapat dialirkan ke bawah dan menjauhi halaman.

Jika tidak ada tempat untuk memasang pipa drainase, Anda dapat membuat sumur kering. Sumur ini biasanya merupakan lubang berisi kerikil dan batu, yang menjadi tempat berkumpulnya air dan meresap secara perlahan ke lapisan tanah di sekitarnya.

Bila unit AC Anda cukup tinggi dari permukaan tanah, Anda dapat mengarahkan pipa pembuangan kondensasi ke dalam ember atau tong air hujan. Air tersebut bisa Anda manfaatkan lagi untuk menyiram tanaman.

Baca juga: Dapatkah Menggunakan Air dari AC untuk Menyiram Tanaman?

Jika tetesan dari unit AC Anda menyebabkan tanah menjadi berawa, maka tanah yang ada di halaman Anda mungkin tidak memiliki drainase yang baik.

Untuk meningkatkan kemampuan tanah dalam menyerap air, Anda bisa menimbun tanah yang baru sehingga air yang menggenang itu dapat mudah terserap.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com