Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pentingnya Menggunakan Jasa Profesional Saat Mengganti Kondensor AC

Kompas.com - 03/10/2023, 15:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

Sumber Bob Vila

JAKARTA, KOMPAS.com - Kondensor merupakan salah satu komponen penting di dalam pendingin udara (AC) dan memainkan peran untuk memaksimalkan udara dingin.

Sayangnya, seiring waktu berlalu kondensor AC di rumah bisa mengalami kerusakan sehingga membuat kinerja AC tak lagi efektif dan harus segera diganti.

Meskipun mengganti kondensor AC terlihat cukup mudah namun sebaiknya proses tersebut dilakukan oleh penyedia jasa AC profesional.

Baca juga: 5 Tanda yang Muncul Ketika Kondensor AC Alami Kerusakan

Berikut beberapa alasan mengapa Anda harus menyewa jasa profesional untuk mengganti kondensor AC yang rusak seperti dikutip dari laman Bob Vila

1. Keselamatan

Saat mengganti kondensor AC, Anda harus terlibat dengan penanganan sistem kelistrikan dan saluran pendingin. Ini dapat menimbulkan bahaya jika salah penanganan.

Tanpa keahlian yang diperlukan, pemilik rumah menghadapi risiko serius cedera atau kerusakan pada sistem AC.

 

2. Keahlian teknis

Kondensor AC adalah sistem rumit yang memerlukan pemahaman komprehensif tentang kabel listrik, penanganan freon, dan kompatibilitas sistem.

Menyewa teknisi AC profesional akan memastikan proses instalasi berjalan dengan lancar sehingga mendapatkan hasil yang optimal.

Baca juga: Jangan Letakkan Sofa di Ruang Tamu Berhadapan dengan AC, Ini Alasannya

3. Punya pengetahuan luas

Tukang AC profesional memahami spesifikasi setiap merk AC dan model kondensor yang berbeda.

Mereka dapat memberikan saran kepada pemilik rumah serta membantu memilih kondensor yang sesuai dengan kebutuhan spesifik AC di rumah.

Misalnya, para profesional berpengalaman dalam memilih kondensor yang memprioritaskan efisiensi energi sehingga dapat mengurangi biaya listrik dalam jangka panjang.

4. Mencegah kerusakan lain

Tukang AC profesional memiliki pengetahuan dan pengalaman untuk menemukan potensi masalah dan mencegah masalah di kemudian hari. 

Misalnya, mereka dapat memeriksa masalah pada saluran pembuangan sebagai upaya menghindari potensi kerusakan akibat air.

Tentu ini sangat menguntungkan bagi pemilik AC karena bisa mencegah terjadinya kerusakan yang lebih parah di masa depan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com