Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Minuman Soda Tumpah di Atas Karpet? Begini Cara Tepat Membersihkannya

Kompas.com - 21/04/2023, 16:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat Lebaran tiba, banyak makanan dan minuman yang akan disajikan bagi keluarga dan tamu yang datang.

Salah satu jenis minuman yang paling sering dihidangkan adalah berbagai jenis soda. Selain rasanya yang segar, warnanya pun menarik perhatian.

Namun demikian cairan soda rentan tumpah terlebih bila banyak anak kecil yang datang berkunjung. Nah, bila karpet yang ada di dalam ruang tamu Anda terkena tumpahan soda, jangan panik.

Baca juga: Siap Sambut Keluarga Besar Saat Lebaran, Bikin Ruang Tamu Kembali Kinclong

Langkah pertama yang wajib dilakukan adalah gunakan kain bersih atau tisu untuk menghilangkan cairan sebanyak mungkin dari karpet.

Jangan menekan terlalu keras karena Anda tidak ingin cairan soda menyerap lebih dalam ke serat karpet. Hindari menggosok noda, karena ini hanya akan memperparahnya.

Setelah itu, buat larutan deterjen dari 1/2 sendok teh deterjen cair dan 1 cangkir air dingin. Tuang larutan tersebut ke area yang terkena noda dan bersihkan menggunakan kain bersih dan kering lainnya.

 

Setelah area yang terkena noda mengering, sedot sisa residu deterjen dengan bantuan penyedot debu. Langkah ini juga membantu mengembalikan serat karpet ke tampilan normal.

Jika noda soda tetap ada, cobalah gunakan penghilang noda khusus karpet. Penghilang noda karpet memiliki surfaktan yang membuat pembersih bekerja lebih baik.

Beberapa noda dari soda seperti soda anggur atau soda berwarna merah mungkin lebih sulit dihilangkan.

Baca juga: Bagaimana Cara Menghapus Noda Krayon pada Lemari Minimalis Kayu

Cobalah gunakan encerkan cuka makan ke dalam air (kira-kira rasio satu banding dua bagian). Selain cuka, Anda juga dapat mencoba larutan sari lemon.

Lakukan langkah pembersihan beberapa kali sehingga mendapatkan kembali warna karpet yang bersih sempurna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com