Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yuk, Sambut Idul Fitri dengan Dapur yang Lebih Kinclong

Kompas.com - 19/04/2023, 10:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa hari lagi, umat Muslim akan merayakan hari raya Idul Fitri, tepatnya pada Jumat (21/4/2023).

Bagi Anda yang tidak melakukan perjalanan mudik, tentu harus memastikan rumah tetap bersih dan nyaman terutama bila para sanak keluarga hendak berkunjung.

Salah satu bagian rumah yang harus dibersihkan sebelum menyambut hari spesial ini adalah dapur. Terlebih, area ini akan menjadi salah satu area tersibuk selama perayaan Idul Fitri.

Baca juga: Keunggulan Memiliki Lemari Kaca di Dapur Anda

Tidak hanya digunakan untuk memasak, beberapa rumah bahkan memiliki dapur yang terhubung langsung dengan ruang makan sehingga akan banyak aktivitas di area tersebut.

Nah, karena itu Anda perlu mempersiapkan dapur rumah minimalis agar berada dalam kondisi terbaiknya terutama soal kebersihkan.

Hal pertama yang harus dibersihkan adalah lemari es. Buang semua makanan kedaluwarsa dan sisa makanan yang sudah tidak dapat dimakan.

Sediakan ruang di lemari es untuk bahan-bahan yang nantinya digunakan untuk memasak makanan saat hari raya.

 

Pindahkan wadah besar dan barang yang jarang digunakan ke belakang. Sediakan ruang di freezer untuk minuman dingin dan es.

Karena akan digunakan, bersihkan pula seluruh permukaan kompor. Pastikan kompor tersebut bebas dari cipratan minyak atau sisa makanan.

Jangan lupa untuk mencuci pintu lemari, kusen, laci, dan pegangan pintu serta jendela. Gunakan pembersih rumah tangga yang sesuai untuk menyingkirkan debu dan kotoran yang menempel.

Baca juga: Pilihan Warna Cat Rumah Minimalis untuk Area Dapur

Pel juga lantai dapur, kosongkan tempat sampah dan pastikan kesiapan gas serta peralatan yang hendak digunakan.

Membuat dapur terlihat lebih bersih akan membuat aktivitas memasak Anda menjadi lebih menyenangkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com