Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sisa Cat di Rumah Sudah Rusak? Begini Cara Tepat untuk Membuangnya

Kompas.com - 20/03/2023, 20:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA,KOMPAS.com - Cat merupakan salah satu produk yang kerap digunakan untuk membuat tampilan rumah atau furnitur terlihat baru dan segar.

Namun demikian, cat yang tidak habis digunakan dapat menimbulkan masalah sampah baru. Bahkan ada orang yang menumpuk puluhan kaleng cat bekas karena masih bingung bagaimana harus membuangnya.

Seperti dikutip dari laman Homes and Gardens, tidak semua jenis cat dapat dibuang langsung ke tempat sampah.

Baca juga: Begini Cara Tepat Memilih Warna Cat Interior Rumah

Cat berbahan dasar minyak dianggap sebagai limbah rumah tangga yang berbahaya. Jadi hindari membuangnya ke tempat sampah dalam keadaan apa pun.

Sementara cat lateks (berbasis air) dapat dibuang ke tempat sampah bersama sampah rumah tangga lain karena dianggap tidak berbahaya.

Sebelum membuang cat lateks, nilai berapa banyak cat yang tersisa di kaleng. Jika hanya tersisa sedikit, sapukan pada kertas bekas atau karton, biarkan mengering, lalu buang ke tempat sampah.

Jika tersisa kurang dari seperempat kaleng, diamkan di bawah sinar matahari dan biarkan sampai mengering.

Baca juga: Pilihan Warna Ini Cocok Dijadikan Kombinasi Cat Putih

Selain itu, Anda tidak boleh menuangkan cat ke wastafel, apa pun jenis catnya. Tidak hanya buruk bagi lingkungan, tetapi juga dapat mengganggu sistem perpipaan Anda, terutama jika Anda memiliki tangki septik.

Hindari juga mencuci kuas cat di wastafel. Ada sedikit cat yang masuk ke dalam pipa saluran air, bisa berpotensi menyebabkan penyumbatan dan bisa memicu terjadinya kebakaran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com