Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Enggan Aplikasikan Cat Rumah? Ini Sederet Bahaya yang Mengancam

Kompas.com - 09/03/2023, 21:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu cara agar hunian Anda selalu terlihat bersih dan segar adalah mengaplikasikan cat rumah.

Namun ternyata penggunaan cat rumah tak hanya soal estetika semata tetapi bisa berperan pada ketahanan struktural hunian.

Ini beberapa bahaya kerusakan yang mengancam hunian Anda seandainya tidak ada mengaplikasikan cat rumah.

Baca juga: Jangan Salah! Ini Tipe Cat Rumah Minimalis Terbaik untuk Ruang Kantor

Kerusakan akibat cuaca

Rumah akan selalu berada pada cuaca dan iklim yang berbeda sepanjang tahun. Tak hanya paparan matahari, hujan juga dapat datang secara bergantian dan menyebabkan banyak kerusakan pada rumah dan bangunan.

Oleh karena itu, menambahkan cat berkualitas akan melindungi permukaan rumah Anda agar tidak rusak.

Kelembaban dan debu secara perlahan-lahan dapat merusak dinding rumah Anda dan kemungkinan besar tidak disadari hingga sudah dalam kondisi parah.

Baca juga: Kenapa Rayap Bisa Ada di Rumah? Berikut Sebab dan Cara Mencegahnya

Serangan rayap

Serangan rayap adalah perusak utama rumah yang terbuat dari material kayu. Karena itu, harus ada langkah pencegahan bila Anda ingin memangkas biaya untuk renovasi.

Bila Anda menambahkan lapisan cat baru di rumah, maka ini dapat membantu Anda mengidentifikasi kemungkinan kerusakan oleh rayap lebih awal.

Menambahkan cat juga dapat membantu menghentikan jalur invasi rayap terutama di area terbuka yang rentan terhadap serangan,

Kerusakan struktural

Jamur adalah masalah yang sangat umum terjadi di setiap rumah. Infeksi jamur dan lumut yang berlebihan dapat merusak permukaan kayu struktural di rumah Anda.

Jika permukaan kayu tersebut tidak terlindungi, mereka dapat menyerap air dari hujan dan embun dan mulai melunak, membengkak dan membusuk.

Proses pengecatan dapat membuat umur kayu struktural rumah Anda lebih panjang bahkan area dinding rumah pun terlindungi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com