Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hal-hal yang Wajib Diperhatikan Sebelum Aplikasikan Cat Warna Merah untuk Pintu Depan Rumah

Kompas.com - 10/03/2023, 21:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis


JAKARTA,KOMPAS.com - Pintu depan rumah merupakan salah satu bagian rumah yang paling penting karena berada di bagian paling depan.

Tak hanya model dan desain, pemilihan warna cat untuk pintu depan rumah juga sangat menentukan daya tarik yang dihasilkan.

Salah satu warna cat yang belakangan ini menjadi favorit untuk diaplikasikan pada pintu depan adalah warna merah.

Jika Anda memutuskan untuk menyegarkan fasad rumah, memilih warna merah yang tepat untuk pintu depan adalah sebuah keharusan.

Baca juga: 4 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Memilih Pintu Depan Minimalis

Secara umum, corak warna merah yang berbeda dibuat dengan menyesuaikan jumlah campuran warna putih dan hitam ke dalam cat merah.

Warna merah burgundy misalnya, memiliki lebih banyak campuran warna hitam daripada warna merah pastel yang lembut.

Sementara itu, warna merah salmon merupakan hasil gabungan lebih banyak warna putih. Warna ini sangat cocok untuk kusen jendela atau pintu.


Apa pun gaya arsitektur rumah Anda , warna merah dapat berfungsi untuk melengkapi desain tersebut dan menciptakan daya tarik bagi orang lain.

Warna merah yang dalam, kaya, dan menenangkan menciptakan perasaan yang menenangkan dan solid.

Di sisi lain, warna merah dengan rona elektrik yang lebih cerah sehingga bisa menyampaikan lebih banyak energi dan kegembiraan.

Baca juga: Pintu Rumah Berbunyi? Berikut Cara Mudah Mengatasinya

Pintu depan merah dapat berfungsi sebagai pelengkap atau kontras dengan bagian luar rumah yang lain serta memberikan aksen pada desain rumah secara keseluruhan.

Misalnya, pelapis dinding atau batu bata berwarna gelap di bagian luar mungkin membutuhkan warna pintu merah yang lebih cerah.

Sementara bila Anda memiliki warna cat dinding yang lebih terang, gunakanlah cat pintu dengan rona merah yang lebih gelap.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com