Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilihan Warna Cat Rumah Bagian Dalam Ini Ternyata Bikin Hunian Gampang Kotor

Kompas.com - 07/12/2022, 18:15 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA,KOMPAS.com - Banyak hal yang membuat dinding interior hunian terlihat lebih kotor. Salah satunya adalah salah memilih warna cat rumah bagian dalam.

Meskipun Anda memilih warna cat rumah bagian dalam yang cerah, namun bila diaplikasikan dalam ruangan yang salah akan membuat ruangan terlihat kusam dan kotor.

Karena itu, sangat penting untuk memilih warna cat rumah bagian dalam yang dapat membantu rumah Anda terlihat lebih bersih, bahkan jika jarang dibersihkan.

Baca juga: Apakah Warna Cat Rumah Bagian Dalam Harus Selalu Sama di Tiap Ruangan?

Menurut Alexis Rodgers dari Home with Alexis, jika Anda mendesain ruangan yang cenderung kotor atau berantakan, hindari mengecat dinding dengan warna coklat, tan, atau kuning.

Warna-warna tersebut bisa langsung membuat ruangan terlihat suram. Akan lebih baik untuk menggunakan wallpaper daripada cat.

Sementara itu, CEO dan direktur kreatif Jolie Home, Lisa Rickert mengatakan warna putih adalah warna yang cocok digunakan untuk dinding interior rumah karena memantulkan banyak cahaya dan membuat ruangan terasa bersih dan terbuka.

Namun, ada beberapa warna putih yang harus dihindari karena dapat membuat ruangan terlihat kotor.

Hindari warna putih yang diberikan tambahan warna kuning atau coklat, kecuali bila Anda secara khusus menginginkan tampilan vintage.

Sebagian besar desainer interior berpendapat bahwa trik untuk menjaga dinding rumah selalu terlihat bersih adalah dengan menghindari warna dengan tone yang terlalu dingin atau terlalu hangat.

Pilihan warna putih yang memiliki campuran warna merah muda. kehijauan, atau abu-abu sebaiknya dihindari karena sulit untuk menghadirkan kesan cerah dan bersih ke sebuah ruangan.

Baca juga: Cara Mudah Mencari Inspirasi Warna Cat Rumah

Untuk ruang yang sering diabaikan kebersihannya seperti ruang laundry, sangat disarankan agar dicat dengan warna yang lebih gelap dan berani seperti merah atau hitam.

Warna-warna tersebut sangat bagus untuk menyamarkan noda lumpur atau kotoran lainnya yang berasal dari pakaian kotor.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com