Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilihan Warna Cat Rumah Bagian Dalam Ini Ternyata Bikin Hunian Gampang Kotor

Kompas.com - 07/12/2022, 18:15 WIB

JAKARTA,KOMPAS.com - Banyak hal yang membuat dinding interior hunian terlihat lebih kotor. Salah satunya adalah salah memilih warna cat rumah bagian dalam.

Meskipun Anda memilih warna cat rumah bagian dalam yang cerah, namun bila diaplikasikan dalam ruangan yang salah akan membuat ruangan terlihat kusam dan kotor.

Karena itu, sangat penting untuk memilih warna cat rumah bagian dalam yang dapat membantu rumah Anda terlihat lebih bersih, bahkan jika jarang dibersihkan.

Baca juga: Apakah Warna Cat Rumah Bagian Dalam Harus Selalu Sama di Tiap Ruangan?

Menurut Alexis Rodgers dari Home with Alexis, jika Anda mendesain ruangan yang cenderung kotor atau berantakan, hindari mengecat dinding dengan warna coklat, tan, atau kuning.

Warna-warna tersebut bisa langsung membuat ruangan terlihat suram. Akan lebih baik untuk menggunakan wallpaper daripada cat.

Sementara itu, CEO dan direktur kreatif Jolie Home, Lisa Rickert mengatakan warna putih adalah warna yang cocok digunakan untuk dinding interior rumah karena memantulkan banyak cahaya dan membuat ruangan terasa bersih dan terbuka.

Namun, ada beberapa warna putih yang harus dihindari karena dapat membuat ruangan terlihat kotor.

Hindari warna putih yang diberikan tambahan warna kuning atau coklat, kecuali bila Anda secara khusus menginginkan tampilan vintage.

Sebagian besar desainer interior berpendapat bahwa trik untuk menjaga dinding rumah selalu terlihat bersih adalah dengan menghindari warna dengan tone yang terlalu dingin atau terlalu hangat.

Pilihan warna putih yang memiliki campuran warna merah muda. kehijauan, atau abu-abu sebaiknya dihindari karena sulit untuk menghadirkan kesan cerah dan bersih ke sebuah ruangan.

Baca juga: Cara Mudah Mencari Inspirasi Warna Cat Rumah

Untuk ruang yang sering diabaikan kebersihannya seperti ruang laundry, sangat disarankan agar dicat dengan warna yang lebih gelap dan berani seperti merah atau hitam.

Warna-warna tersebut sangat bagus untuk menyamarkan noda lumpur atau kotoran lainnya yang berasal dari pakaian kotor.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+