Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agar Kombinasi Warna Cat Rumah Berhasil, Ikuti Aturan Ini

Kompas.com - 27/10/2022, 15:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA,KOMPAS.com - Kombinasi warna cat rumah seringkali merupakan hal yang cukup sulit ditentukan oleh seseorang pemilik rumah.

Karena begitu banyaknya pilihan, banyak waktu yang dihabiskan untuk melakukan riset dan perbandingan agar mendapatkan kombinasi warna cat rumah terbaik.

Padahal Anda bisa dengan mudah menentukan kombinasi warna cat rumah menggunakan aturan 60-30-10.

Aturan 60-30-10 merupakan aturan dekorasi rumah klasik yang membantu menciptakan palet warna yang sempurna untuk ruangan Anda.

Baca juga: Apa Saja Warna Cat Rumah yang Sejuk?

Jadi, nantinya dalam ruangan, sebanyak 60 persen dari ruangan Anda harus menjadi warna dominan.

Tak hanya untuk warna cat dinding, furnitur-furnitur besar seperti sofa atau karpet bisa menggunakan skema warna yang sama.

Sementara itu, 30 persen dari ruangan Anda harus menjadi warna sekunder. Warna ini harus cukup berbeda dari warna dominan Anda, tetapi harus tetap saling melengkapi.

Nantinya, warna ini dapat diaplikasikan pada area yang lebih kecil seperti cat  kombinasi di salah satu bagian ruangam atau juga pada gorden dan penutup mejai.

Sedangkan 10 persen sisanya harus menjadi warna aksen di dalam ruangan. Warna terakhir ini dapat digunakan untuk aksen saja. Seperti kaki meja atau kursi, selimut atau bantal, karya seni, dan pernak-pernik kecil lainnya di dalam ruangan.

Baca juga: Warna Cat Apa yang Paling Cocok untuk Kamar Mandi?

Setelah Anda memilih palet warna untuk ruangan Anda, tetaplah menggunakannya. Sebaiknya jangan gunakan lebih banyak warna, karena justru akan memperumit banyak hal.

Aturan 60-30-10 akan mempermudah Anda dalam memilih tiga warna cat favorit sesuai keinginan dan mengaplikasikannya pada ruangan. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com