Kompas.com - 25/09/2022, 21:00 WIB

JAKARTA,KOMPAS.com - Warna cat merupakan salah satu elemen penting yang wajib dipikirkan dengan baik saat mendekorasi sebuah ruangan termasuk di kamar mandi.

Kamar mandi merupakan area yang cukup sering dikunjungi oleh para penghuni rumah sehingga sangat disarankan untuk menggunakan warna-warna yang netral.

Seperti dikutip dari Forbes, untuk menciptakan kesan bersih, pilihlah warna netral seperti putih untuk dinding kamar mandi.

Warna putih bisa menunjukkan noda dengan mudah sehingga Anda bisa langsung melakukan pembersihan saat dinding terlihat kotor.

Baca juga: Warna Cat Terbaik untuk Dinding Ruang Tamu di Rumah Minimalis

Warna netral lainnya seperti krem, kuning muda, atau merah muda lembut. Ketiga warna ini dapat memancarkan cahaya ambient alami di sekitar ruangan. Selain itu, pilihan warna ini juga memberi pantulan cahaya yang bagus di cermin.

Sementara itu, untuk mengecat lemari atau rak penyimpanan, Anda bisa menggunakan warna-warna lebih berani seperti merah, hijau muda, atau biru. 

Agar kamar mandi terlihat modern, Anda juga bisa menggunakan warna seperti abu-abu berkabut atau hijau sage di area lemari.

Harus diingat bahwa kelembaban merupakan ancaman utama bagi tampilan cat. Misalnya kelembaban dari uap air di pancuran dapat merembes di antara dinding dan lapisan cat.

Bila tidak diperhatikan, ini akan menciptakan tekstur dinding yang bergelombang dan mengelupas sehingga tak sedap jika dipandang mata.

Anda bisa menggunakan cat dengan lapisan mengkilap (glossy) karena jenis cat ini tahan pada kelembaban dan mudah dikeringkan.

Cat jenis ini dapat membentuk lapisan keras untuk menghalangi air, dan membua air menetes ke lantai sehingga tidak meresap ke dinding gipsum atau kayu.

Baca juga: Cara Mudah Temukan Warna Cat Interior yang Pas untuk Rumah Anda

Hindari produk yang dibuat hanya untuk penggunaan luar, seperti cat batu. Memang ada beberapa cat untuk membuat dinding eksterior lebih tahan air.

Namun cat jenis ini mengandung sejumlah senyawa berbahaya yang dapat menyebabkan masalah pernapasan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Forbes


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.