Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Memilih Warna Cat Depan Rumah yang Elegan

Kompas.com - 26/10/2022, 13:45 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA,KOMPAS.com - Banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat hunian tampak menarik. Salah satunya adalah pemilihan warna cat depan rumah yang elegan.

Meskipun terlihat sederhana, namun warna cat depan rumah yang elegan bisa akan menentukan tampilan hunian secara keseluruhan.

Berikut beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk memilih warna cat rumah yang elegan seperti dikutip dari laman Island Paints.

Baca juga: Apakah Cat Rumah Warna Cream Cocok untuk Ruang Tamu?


1. Pertimbangkan ukuran dan bentuk rumah

Sebelum memilih cat, pertimbangkan ukuran dan bentuk rumah yang nantinya akan dipulas cat. Setelah itu, perhitungkan juga jumlah cahaya yang akan terpapar ke dinding eksterior.

Semakin banyak cahaya alami yang terpapar maka akan semakin gelap warna yang dapat Anda gunakan.

Di sisi lain, warna yang lebih terang dapat membuat hunian yang lebih kecil dan lebih gelap tampak lebih besar dan terbuka.

2. Pilih tema

Anda tidak perlu mencari definisi tradisional tentang apa artinya elegan. Anda bisa mengambil inspirasi dari majalah desain untuk inspirasi ide warna.

Anda dapat memilih warna yang modern, atau nyaman, tergantung pada preferensi pribadi Anda. Pilihan tema nantinya akan mempengaruhi palet warna yang dipilih.

Baca juga: Ini Tren Warna Rumah 2022, Terinspirasi dari Alam

3. Pilih palet warna

Cara sederhana membuat palet untuk ide warna eksterior rumah adalah dengan menentukan tiga warna-warna dominan, warna sekunder atau pelengkap, dan warna aksen.

Secara tradisional, hunian yang memiliki tampilan elegan dicat krem atau abu-abu muda. Sementara suasana yang nyaman didominasi oleh penggunaan warna yang lebih gelap, seperti cokelat atau abu-abu gelap.

Jika Anda mencari tampilan yang lebih tradisional, Anda mungkin ingin menghindari warna-warna intens seperti merah dan oranye.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com