Kompas.com - 22/11/2022, 13:00 WIB

KOMPAS.com – Mengalami gempa bumi bisa jadi traumatis, dan bahkan ketika gempa selesai, ada potensi masalah keamanan yang harus Anda hadapi.

Para ahli mengatakan, gempa susulan masih mungkin terjadi berminggu-minggu, bahkan berbulan- bulan, setelah gempa bumi besar.

Selain potensi gempa susulan, ada bahaya lain yang mengancam ketika Anda kembali ke rumah yakni kerusakan konstruksi struktur bangunan.

Berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan usai terjadi gempa, seperti dikutip dari Hunker.

1. Pastikan Anda aman ketika kembali memasuki rumah

Sebelum Anda berpikir bergegas untuk membersihkan kerusakan akibat gempa, pastikan kondisi semuanya aman, baik rumah atau pun lingkungan sekitar.

Baca juga: Pentingnya Memiliki Bangunan Tahan Gempa di Indonesia

Anda harus segera mengevakuasi diri dan keluarga jika terdengar suara bergeser atau berderit. Karena ini mungkin menunjukkan bahwa strukturnya tidak aman dan kemungkinan akan jatuh.

Jika tidak yakin dengan tingkat kerusakannya, mintalah seorang insinyur struktural untuk memeriksa rumah secara detail sebelum Anda kembali ke dalam.

2. Carilah tanda-tanda bahaya di sekitar rumah

Sebelum memasuki rumah, Anda harus memeriksa tanda-tanda bahaya yang jelas, termasuk kebakaran, kebocoran gas, dan kebel yang rusak.

Halaman:
Baca tentang
Sumber Hunker


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.