Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Faktor yang Perlu Diperhatikan dalam Merancang Rumah Tahan Gempa

Kompas.com - 24/10/2022, 13:00 WIB
Monica Noviola,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Pergerakan segmen besar lapisan Bumi menghasilkan kekuatan yang menyebar ratusan kilometer ini, dapat menyebabkan dasar bangunan bergetar dan bergoyang.

Perbedaan antara bagian atas dan bawah bangunan dapat menimbulkan tekanan dan tekanan baru pada bahan yang mendukung struktur, menyebabkannya pecah.

Jika Anda berencana untuk merancang dan membangun rumah, penting untuk menyewa kontraktor yang dapat bekerja dengan desain struktur rumah yang dapat melindungi dari bencana yang tak terduga.

Selain itu, Anda juga dapat menyewa konsultan insinyur struktural agar rumah dirancang dengan baik secara struktural agar dapat menahan beban, getaran, dan tekanan lingkungan yang diharapkan dengan aman.

Jika Anda membangun rumah baru di kota atau membangun kembali yang lama, memiliki detail konstruktif tertentu yang perlu diikuti sehingga bangunan yang tahan dan andal dapat dibangun.

Di bawah ini adalah 5 faktor yang perlu dipertimbangkan saat merancang dan membangun rumah tahan gempa menurut Constantain Design&Build.

1. Karakteristik Tanah dan Medan

Penting untuk mengetahui tekstur dan struktur tanah. Pemilihan lokasi dengan tanah terbaik penting untuk fondasi rumah Anda dan untuk struktur yang lebih stabil dan aman.

Kekuatan dan stabilitas tanah terkait dengan sifat fisiknya. Beberapa tanah dapat menopang gedung pencakar langit, sementara tanah lainnya tidak mampu menopang berat manusia.

Sifat tanah yang baik termasuk curah hujan air yang baik, sehingga limpasan dan erosi tidak merusak struktur. Adapun Tanah yang baik untuk infrastruktur memiliki kimia yang seimbang sehingga tidak terjadi korosi bahan bangunan.

Selain itu, lokasi dan topografi situs juga dipertimbangkan. Jika lot Anda terletak di permukaan yang rata, topografi tidak akan mempengaruhi lokasi dan tata letak rumah. Tetapi pada topografi situs yang miring adalah faktor yang signifikan.

Lokasi kontur dan jarak kontur akan memainkan peran besar dalam pengaturan bangunan. 

2. Pondasi yang Kokoh

Desain dan kinerja pondasi tergantung pada dua faktor, sifat tanah tempat mereka ditempatkan dan beban.

Mencocokkan jenis rumah dengan jenis tanah adalah salah satu faktor kunci dalam merancang pondasi struktural yang baik untuk rumah atau struktur yang stabil.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com