Kompas.com - 04/10/2022, 13:00 WIB

JAKARTA,KOMPAS.com -Ketika AC di rumah Anda sudah tak lagi sedingin biasanya, maka ini akan menjadi saat yang tepat untuk cek freon AC.

Langkah untuk cek freon AC harus dilakukan agar Anda bisa mengetahui apakah AC di rumah perlu tambahan stok freon atau tidak.

AC membutuhkan stok freon yang cukup supaya bisa bekerja secara optimal. Berikut cara yang bisa Anda lakukan untuk cek freon AC di rumah seperti dikutip dari Comfort Solutions. 

Baca juga: Berapa Lama Stok Freon AC Anda Dapat Bertahan?

Periksa termostat

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah membaca termostat pada unti AC. Melalui bagian AC ini, Anda akan mengetahui kadar freon yang masih dimiliki.

Namun, jika termostat rusak, pengamatan langsung tentu tidak bisa dilakukan sehingga Anda harus melakukan cara lain.


Pemeriksaan suhu udara

Cara berikutnya yang bisa Anda lakukan yakni memeriksa suhu udara yang dikeluarkan oleh AC. Letakkan tangan Anda di dekat ventilasi AC yang memberikan udara sejuk di dalam ruangan.

Jika udara yang dipompa oleh ventilasi AC tidak terlalu dingin, ini bisa menjadi indisikasi bahwa Freon AC Anda perlu diisi ulang.

Pemeriksaan kebocoran

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.