Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Freon AC dan Bagaimana Cara Kerjanya

Kompas.com - 30/09/2022, 11:19 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis


JAKARTA,KOMPAS.com - Selain listrik, pendingin udara atau air conditioner (AC) membutuhkan gas refrigerant untuk mendinginkan udara di dalam sebuah ruangan. Gas tersebut dikenal sebagai freon AC.

Memiliki wujud gas, freon AC berfungsi untuk menyerap panas dari mesin dan memberikan efek dingin sehingga mesin bisa bekerja secara maksimal.

Kehadiran freon AC juga sangat penting dalam kinerja AC sehingga bisa bertahan dalam waktu bertahun-tahun.

Seperti dikutip dari Luce Aircon, freon sebenarnya merupakan merek dagang terdaftar untuk produk- produk halokarbon yang digunakan pada AC.

Baca juga: AC Versus Kipas Angin, Mana yang Lebih Baik?

Gas Freon AC dibuat dengan chlorofluorocarbon (CFC), yang kerap digunakan dalam sistem freezer dan aerosol. Sementara dalam sistem pendingin udara, freon yang digunakan adalah tipe R-22.

‍Bagaimana Cara Freon AC Bekerja?

Mungkin Anda berpikir AC bekerja dengan memompa udara panas keluar dari ruangan dan memompa udara dingin masuk.

Namun hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Menurut How Stuff Works, udara panas sebenarnya berputar kembali sebagai udara dingin.

Udara dingin inilah yang dihasilkan oleh freon. Jadi tanpa freon, AC akan tetap menghasilkan udara panas saat keadaan menyala.

Ketika freon dipasang di kompresor, AC akan mengompres gas freon dingin. Sejumlah kecil minyak digabungkan dengan gas freon untuk melumasi kompresor.

Saat gas freon dikompresi, tekanan akan naik dan membuatnya sangat panas. Freon AC kemudian akan bergerak melalui serangkaian kumparan, yang memiliki efek menurunkan panas dan mengubahnya menjadi cair.

Cairan freon kemudian mengalir melalui katup ekspansi, yang menyebabkannya mendingin hingga menguap. Hasilnya adalah gas freon bertekanan rendah.

Baca juga: Hitung Ulang Kebutuhan AC di Rumah supaya Tidak Boros, Begini Caranya

Gas dingin kemudian disalurkan melalui satu set kumparan. Hal ini memungkinkan gas menyerap panas dan menurunkan udara di dalam ruangan atau gedung.

Karena freon sangat penting, Anda harus secara berkala mengecek ketersediaannya agar AC bisa tetap berfungsi secara baik.

Selain freon, AC juga kerap kali mengambil kelebihan air dari udara dan menggunakannya untuk mendinginkan sistem. Setelah itu, air tersebut dipompa keluar melalui selang. Dengan cara ini, kelembaban udara di dalam ruangan akan berkurang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com