Kompas.com - 30/09/2022, 11:19 WIB


JAKARTA,KOMPAS.com - Selain listrik, pendingin udara atau air conditioner (AC) membutuhkan gas refrigerant untuk mendinginkan udara di dalam sebuah ruangan. Gas tersebut dikenal sebagai freon AC.

Memiliki wujud gas, freon AC berfungsi untuk menyerap panas dari mesin dan memberikan efek dingin sehingga mesin bisa bekerja secara maksimal.

Kehadiran freon AC juga sangat penting dalam kinerja AC sehingga bisa bertahan dalam waktu bertahun-tahun.

Seperti dikutip dari Luce Aircon, freon sebenarnya merupakan merek dagang terdaftar untuk produk- produk halokarbon yang digunakan pada AC.

Baca juga: AC Versus Kipas Angin, Mana yang Lebih Baik?

Gas Freon AC dibuat dengan chlorofluorocarbon (CFC), yang kerap digunakan dalam sistem freezer dan aerosol. Sementara dalam sistem pendingin udara, freon yang digunakan adalah tipe R-22.

‍Bagaimana Cara Freon AC Bekerja?

Mungkin Anda berpikir AC bekerja dengan memompa udara panas keluar dari ruangan dan memompa udara dingin masuk.

Namun hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Menurut How Stuff Works, udara panas sebenarnya berputar kembali sebagai udara dingin.

Udara dingin inilah yang dihasilkan oleh freon. Jadi tanpa freon, AC akan tetap menghasilkan udara panas saat keadaan menyala.

Ketika freon dipasang di kompresor, AC akan mengompres gas freon dingin. Sejumlah kecil minyak digabungkan dengan gas freon untuk melumasi kompresor.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.