Kompas.com - 14/09/2022, 18:30 WIB

JAKARTA,KOMPAS.com - Menggunakan panel surya di rumah merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan bila Anda ingin beralih ke sumber energi alternatif

Panel surya dapat menyerap sinar matahari dan mengubahnya menjadi listrik untuk keperluan rumah tangga. Energi matahari tak hanya lebih ramah lingkungan, namun juga tersedia melimpah. 

Namun, tidak semua masyarakat harus memiliki panel surya di rumah. Memang produk ini bekerja baik untuk beberapa konsumen. Tapi bagi orang lain panel surya mungkin bukan pilihan yang tepat.

Berikut adalah 5 alasan mengapa Anda tidak perlu memiliki panel surya sendiri di rumah seperti dikutip dari Solar Reviews.

Baca juga: Ini 5 Manfaat Menggunakan Panel Surya di Rumah

1. Masalah atap yang tidak cocok

Untuk penggunaan domestik, hampir semua panel surya harus dipasang di area atap rumah. Hal ini karena atap merupakan tempat terbaik untuk mendapatkan paparan sinar matahari.

Namun sebaiknya hindari membeli panel surya bila atap di rumah Anda terlalu tua karena justru akan memperburuk keadaan.

Bila area atap rumah terlalu kecil sebaiknya jangan pasang panel surya. Hal tersebut karena panel tidak akan menghasilkan cukup listrik yang justru bisa berdampak pada tagihan Anda.

Jika tata letak atap di rumah Anda tidak menguntungkan yakni menjauhi matahari atau tidak berada pada sudut yang optimal maka listrik yang dihasilkan juga lebih sedikit.

2. Tak ada tempat untuk meletakan panel surya

Atap memang bukanlah satu-satunya tempat untuk meletakkan panel surya. Beberapa orang meletakkannya di halaman belakang rumah atau pada struktur sekunder di rumah seperti atap gazebo.

Jika tidak memilikinya halaman yang cukup atau struktur sekunder di rumah, berarti Anda harus menunda pembelian panel surya untuk sementara waktu.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.