Instalasi Publik Ini Bisa Merekam Suara Lingkungan Sekitar

Kompas.com - 25/08/2021, 21:30 WIB
Instalasi seni Sonic Bloom yang berlokasi di Taman Brown Hart di Mayfair Utara, London. Alberto Balazs/Design BoomInstalasi seni Sonic Bloom yang berlokasi di Taman Brown Hart di Mayfair Utara, London.

JAKARTA, KOMPAS.com - Desainer sekaligus seniman suara asal Jepang, Yuri Suzuki bekerja sama dengan Alter Projects, tuntas mengerjakan proyek barunya, 'Sonic Bloom', yang merupakan instalasi publik interaktif dan multi-indera.

Instalasi tersebut berada di Taman Brown Hart di Mayfair Utara, London, dan telah resmi dibuka untuk umum, Senin (23/8/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sonic Bloom terdiri dari cabang-cabang dan memiliki ujung seperti bunga trompet yang dicat warna-warni. Saat disatukan, seluruh bagian tampak seperti karangan bunga interaktif.

Dari karya seni ini, pengunjung dapat mendengar tiga tema bunyi yakni yang berasal dari manusia, alam, dan lingkungan sekitar.

Baca juga: Top 10 Kontraktor Dunia, Minus China, Perancis Jawara

Instalasi unik tersebut bisa menyerap suara dari lingkungan sekitar bahkan merekam suara dari orang-orang yang berbicara melalui ujung corong.

Kehadiran Sonic Bloom merupakan sebuah intervensi budaya baru yang mengajak warga London untuk berhubungan kembali dengan orang lain atau lingkungan sekitar mereka setelah satu tahun terisolasi karena pandemic covid-19.

Mereka yang ingin berinteraksi dengan orang lain tidak perlusaling berdekatan karena jarak antara satu corong dengan corong lainnya dibuat lebar.

Sang perancang ingin agar instalasi ini dapat memberikan eksplorasi komunikasi universal yang baru bagi warga kota London.

“Kami ingin mendorong adanya interaksi baik antara teman maupun orang asing. Instalasi ini bisa menciptakan momen tak terduga yang dapat didengar untuk menciptakan rasa kebersamaan, berbagi lahan kreatif, dan kemampuan bersosialisasi,” kata Yuki seperi dikutip dari Designboom.

Menurut Yuki, melalui instalasi ini masyarakat dapat membuka jalan bagi konektivitas sosial. Meskipun interaksi yang dilakukan hanya sebentaram namun bisa membentuk hubungan yang lebih dekat dan intim.

Di satu sisi, Sonic Bloom hadir untuk meningkatakan kesadaran akan bunyi alami yang sering luput dari perhatian.

Misalnya kicau burung, gemerisik dedaunan, dan bunyi orang yang lewat untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Yuri suzuki memang sangat ideal untuk mengerjakan proyek ini karena karya seninya tidak hanya sangat indah, namun juga merangsang indra penonton.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.