Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Instalasi Publik Ini Bisa Merekam Suara Lingkungan Sekitar

Instalasi tersebut berada di Taman Brown Hart di Mayfair Utara, London, dan telah resmi dibuka untuk umum, Senin (23/8/2021).

Sonic Bloom terdiri dari cabang-cabang dan memiliki ujung seperti bunga trompet yang dicat warna-warni. Saat disatukan, seluruh bagian tampak seperti karangan bunga interaktif.

Dari karya seni ini, pengunjung dapat mendengar tiga tema bunyi yakni yang berasal dari manusia, alam, dan lingkungan sekitar.

Instalasi unik tersebut bisa menyerap suara dari lingkungan sekitar bahkan merekam suara dari orang-orang yang berbicara melalui ujung corong.

Kehadiran Sonic Bloom merupakan sebuah intervensi budaya baru yang mengajak warga London untuk berhubungan kembali dengan orang lain atau lingkungan sekitar mereka setelah satu tahun terisolasi karena pandemic covid-19.

Mereka yang ingin berinteraksi dengan orang lain tidak perlusaling berdekatan karena jarak antara satu corong dengan corong lainnya dibuat lebar.

Sang perancang ingin agar instalasi ini dapat memberikan eksplorasi komunikasi universal yang baru bagi warga kota London.

“Kami ingin mendorong adanya interaksi baik antara teman maupun orang asing. Instalasi ini bisa menciptakan momen tak terduga yang dapat didengar untuk menciptakan rasa kebersamaan, berbagi lahan kreatif, dan kemampuan bersosialisasi,” kata Yuki seperi dikutip dari Designboom.

Menurut Yuki, melalui instalasi ini masyarakat dapat membuka jalan bagi konektivitas sosial. Meskipun interaksi yang dilakukan hanya sebentaram namun bisa membentuk hubungan yang lebih dekat dan intim.

Di satu sisi, Sonic Bloom hadir untuk meningkatakan kesadaran akan bunyi alami yang sering luput dari perhatian.

Misalnya kicau burung, gemerisik dedaunan, dan bunyi orang yang lewat untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Yuri suzuki memang sangat ideal untuk mengerjakan proyek ini karena karya seninya tidak hanya sangat indah, namun juga merangsang indra penonton.

https://properti.kompas.com/read/2021/08/25/213000721/instalasi-publik-ini-bisa-merekam-suara-lingkungan-sekitar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke