Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gunakan Teknologi Pra-cetak, Rumah Ini Lebih Cepat Diserahkan ke Konsumen

Kompas.com - 10/08/2021, 11:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Anak usaha PT Modernland Realty Tbk, PT Mitra Sindo Sukses, melakukan serah terima klaster New Shinano Precast, Jakarta Garden City, Jakarta Timur, kepada konsumen, Senin (09/08/2021).

Technical Director Urban Development Modernland Realty Feriyawati Surja mengatakan, serah terima dilakukan lebih cepat dari biasanya karena menggunakan teknologi pre-cast (pra-cetak).

"Sehingga, pengerjaan pembangunan rumah menjadi jauh lebih cepat," tutur Feriyawati dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (10/08/2021).

Feriyawati menerangkan, kunci sukses dari kecepatan pembangunan rumah New Shinano Precast menggunakan material berupa fasad dan struktur pra-cetak M Panel yang diproduksi anak perusahaan Modernland Realty lainnya yaitu PT Modern Panel Indonesia.

Ini berupa dinding struktural yang diproduksi dengan material full-beton secara fabrikasi atau sistem pra-cetak.

Dengan demikian, konstruksi New Shinano Precast lebih cepat dibanding rumah konvensional yang rata-rata membutuhkan waktu 12-18 bulan.

Tahapan pembangunan yang dilakukan meliputi pembangunan pondasi, pemasangan pra-cetak, mechanical, electrical, dan plumbing (MEP), serta arsitektural.

Baca juga: Rumah Precast Bebas PPN, Harga Rp 1,3 Miliar dan Diklaim Tahan Gempa

Rumah New Shinano Precast mengantongi penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai “Pembangunan Rumah Dua Lantai Tipe 69 Tercepat” atau siap diserahterimakan dalam waktu 75 hari sejak dimulai pembangunan.

Klaster ini dirancang dengan dimensi luas bangunan 67 meter persegi dan luas tanah 75 meter persegi, dipatok seharga mulai dari Rp 1,4 miliar.

Feriyawati menjelaskan, Pandemi Covid-19 secara tidak langsung telah memaksa para pelaku usaha, termasuk pengembang untuk beradaptasi dalam memasarkan produknya secara kreatif.

Contohnya dengan hal memanfaatkan teknologi pra-cetak yang telah diaplikasikan pada hunian New Shinano Precast di Jakarta Garden City.

Dia menambahkan, Modernland Realty ingin menjadi pioneer atau pengembang terdepan di Indonesia yang mengusung teknologi pra-cetak dalam setiap pembangunan portofolio perusahaan.

Teknologi ini diklaim memiliki keunggulan yaitu dinding dapat langsung dicat, pengerjaan dinding bangunan lebih cepat, tidak terjadi retak rambut.

Lalu, permukaan rata dan halus, lebih kokoh, low maintenance, thermal insulation, tahan terhadap kebocoran, lebih kedap suara, juga tahan gempa.

“Untuk itu, pada masa mendatang, kami akan semakin memperbanyak penggunaan teknologi pra-cetak pada setiap proyek properti yang dikembangkan Modernland Realty," tuntasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com