Pemenang Pritzker Rancang Toilet Berbentuk Jamur

Kompas.com - 22/07/2021, 07:00 WIB
Toilet berbentuk jamur yang dirancang oleh  arsitek Toyo Ito. Ini merupakan bagian dari Tokyo Toilet Project yang diadakan oleh Nippon Fondation. DezeenToilet berbentuk jamur yang dirancang oleh arsitek Toyo Ito. Ini merupakan bagian dari Tokyo Toilet Project yang diadakan oleh Nippon Fondation.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemenang penghargaan Arsitektur Pritzker, Toyo Ito, merancang toilet umum berbentuk jamur sebagai partisipasinya dalam Tokyo Toilet Project yang digagas oleh Nippon Foundation.

Toilet rancangan Ito dibangun untuk menggantikan blok toilet sebelumnya yang berada di bagian bawah tangga dan mengarah ke kuil Yoyogi Hachimangu di distrik Shibuya Tokyo.

Ito membuat toilet lama tersebut menjadi tiga blok silinder yang ditutup atap berbentuk kubah menjorok sehingga mengingatkan kita pada bentuk jamur.

Dalam merealisasikan rancangannya, Ito ingin toilet yang dibuatnya memberikan suasana yang tenang dan nyaman sehingga mendorong orang untuk menggunakan toilet umum.

"Saya tidak ingin menggunakan toilet umum kebanyakan bahkan sebagai seorang laki-laki," kata Ito seperti dikutip dari Dezeen, Rabu (21/07/2021).

Baca juga: Hanya di Jepang, Perancang Busana Louis Vuitton Mendesain Toilet Umum

“Oleh karena itu, kali ini saya menciptakan desain toilet yang kasual sehingga bisa digunakan dengan pikiran yang tenang.” jelasnya. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Toilet ini terdiri atas tiga bilik. Bilik paling besar berada di bagian belakang. Dua bilik toilet lainnya dibuat terpisah, satu untuk wanita dan satunya lagi untuk pria.

Dinding ke tiga toilet ini dilapisi oleh ubin merah, merah muda dan putih, yang disusun berurutan dari bagian lantai hingga ke dinding toilet. 

Sementara atap pada setiap bilik dinaikkan di atas dinding untuk memungkinkan cahaya alami dan udara masuk ke toilet.

Dengan memecah toilet lama menjadi tiga bagian, Ito yakin toilet akan menjadi ruang yang aman bagi semua pengguna.

"Saya berharap Toilet Umum Yoyogi-Hachiman yang baru akan menjadi toilet yang memberikan rasa aman bagi wanita yang dapat digunakan bahkan di malam hari. Toilet ini memiliki desain tidak mencolok dan dapat digunakan dengan nyaman,”pungkas Ito.

 



Sumber Dezeen
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X