Hanya di Jepang, Perancang Busana Louis Vuitton Mendesain Toilet Umum

Kompas.com - 16/07/2021, 18:30 WIB
Toilet dengan desain rumah tahun 40'an yang dirancang oleh desainer asal Jepang, Nigo. Toilet ini merupakan bagian dari proyek Tokyo Toilet dari Nippon Fondation. Satoshi NagareToilet dengan desain rumah tahun 40'an yang dirancang oleh desainer asal Jepang, Nigo. Toilet ini merupakan bagian dari proyek Tokyo Toilet dari Nippon Fondation.

JAKARTA, KOMPAS.com - Perancang busana Jepang, Nigo, baru sana mendesain toilet umum berbentuk rumah kuno tahun 1940-an sebagai bagian dari proyek "Tokyo Toilet".

Seperti dikutip dari Dezeen, Jumat (16/07/2021) toilet ini dibangun di distrik Harajuku di pusat kota Tokyo.

Toilet ini sengaja dirancang berbentuk rumah agar tampak menonjol dari gedung-gedung tinggi di sekitarnya.

“Berbeda dengan kota Tokyo yang selalu berubah dengan gedung-gedungnya yang setinggi langit, saya membayangkan toilet seharusnya terasa seperti rumah tua yang tenang di sudut Harajuku,” jelas Nigo.

Baca juga: Di Inggris, Toilet Umum Disulap Jadi Rumah Pribadi

Toilet ini mungkin bisa membawa sebagian orang kembali bernostalgia ke masa lalu. Namun bisa juga ini merupakan ha baru bagi yang lain. Semuanya tergantung pada usia dan generasi mereka.

Bentuk atap, jendela, dan pagar kayu dari toilet ini mengingatkan pada desain rumah pada tahun 1940-an.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk desainnya, Nigo mendapatkan inspirasi dari yang pernah dibangun oleh Angkatan Bersenjata Amerika Serikat setelah perang dunia kedua.

"Inspirasi saya untuk desain toilet ini adalah Washington Heights Dependent Housing, yang merupakan kompleks perumahan besar yang dibangun oleh AS pada tahun 1946 di kawasan yang sekarang menjadi Taman Yoyogi," kata Nigo.

Washington Heights memiliki dampak signifikan pada pertumbuhan Harajuku menjadi kota budaya seperti sekarang ini, dan Dependent Housing sangat memengaruhi perubahan gaya hidup pascaperang di Tokyo.

Baca juga: Menggunakan Toilet Umum Ini Ibarat Berjalan di Tengah Hutan

Menurut Nigo, saat ini sangat sedikit dari rumah-rumah dengan desain kuno yang masih tersisa di Tokyo. Karena itu, ia ingin menampilkan lagi gambaran masa lalu tersebut.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X