Kompas.com - 03/07/2021, 18:00 WIB
Proyek toilet unik di Tokyo bernama A Walk in the Woods, yang didesain Arsitek Jepang, Kengo Kuma untuk proyek Tokyo Toilet yang diselenggarkan yayasan Nippon. Satoshi NagareProyek toilet unik di Tokyo bernama A Walk in the Woods, yang didesain Arsitek Jepang, Kengo Kuma untuk proyek Tokyo Toilet yang diselenggarkan yayasan Nippon.

JAKARTA, KOMPAS.com - Arsitek Jepang, Kengo Kuma baru saja mempublikasikan toilet rancangannya yang unik di Tokyo bernama A Walk in the Woods.

Proyek ini dirancang untuk menghilangkan citra konvensional toilet umum. Toilet berlapis kayu cedar ini merupakan kontribusi Kuma untuk proyek Tokyo Toilet yang digagas oleh Yayasan Nippon.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebelumnya, proyek toilet umum di yayasan Nippon ini juga dirancang oleh pemenang Penghargaan Arsitektur Pritzker, Tadao Ando, Shigeru Ban dan Fumihiko Maki di area kota Shibuya.

Dibangun untuk menggantikan blok toilet bata yang ada di dalam Taman Nabeshima Shoto, toilet dirancang menyatu dengan pepohonan dan tanaman hijau subur.

Baca juga: Bikin Betah, Ini 5 Toilet di Dunia yang Tidak Biasa

"Ada banyak lokasi potensial untuk proyek ini, tetapi saya memilih Taman Nabeshima Shoto," jelas Kuma seperti dikutip dari Dezeen, Sabtu (03/07/2021).

Kuma mengatakan ia memilih taman Nabeshima lantaran memiliki tanaman hijau yang paling subur dan menurutnya ini mampu menghilangkan citra konvensional toilet umum. 

Alih-alih membuat satu blok, Kuma memecah fasilitas umum ini menjadi lima blok yang dihubungkan oleh jalan setapak. Karena itulah, proyek ini diberi nama “A Walk in the Woods”.

"Selain toilet, saya merancang jalan setapak yang menciptakan garis aliran, dengan harapan menawarkan pengalaman total yang mencakup lingkungan sekitar serta strukturnya," papar Kuma.

Masing-masing blok tersebut berisi toilet individu yang ditata untuk memenuhi kebutuhan pengguna tertentu bukan seperti yang dijumpai pada toilet kebanyakan.

“Untuk proyek ini, saya merancang lima toilet termasuk satu yang bisa digunakan oleh anak-anak dan satu digunakan bagi yang menghadiri acara Shibuya bisa berganti pakaian,” kata Kuma. 

Halaman:


Sumber Dezeen
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.