Mengenal Expansion Joint pada Konstruksi Layang

Kompas.com - 14/07/2021, 18:00 WIB
Jalan Layang Mohamed Bin Zayed ditutup sementara mulai Kamis (06/05/2021) Pukul 00.00 WIB. Jasa MargaJalan Layang Mohamed Bin Zayed ditutup sementara mulai Kamis (06/05/2021) Pukul 00.00 WIB.

JAKARTA, KOMPAS.com - Anda tentu familiar dengan istilah konstruksi, expansion joint. Istilah ini sempat popular ketika Jalan Tol Jakarta-Cikampek Elevated atau saat ini dinamai Jalan Layang Mohamed Bin Zayed (MBZ) viral karena tampak bergelombang.

Pekerjaan expansion joint dinilai tak mulus, sehingga kendaraan yang melintasi Jalan Layang MBZ ini mengalami "jeglukan".

Lantas, apa itu expansion joint?

Expansion joint atau dikenal dengan siar muai adalah bahan yang dipasang pada konstruksi agar tidak mengalami perubahan dan tetap aman saat dilalui.

Baca juga: Viral Foto Tol Layang Cikampek Bergelombang, Ini Penjelasannya

Anda bisa menemukan expansion joint pada konstruksi jembatan, jalan tol, trotoar, rel kereta api, sistem perpipaan, hingga kapal.

Pada konstruksi horizontal, kondisi cuaca yang berubah-ubah serta tonase kendaraan turut membawa perubahan pada konstruksi jembatan yang umumnya terbuat dari besi atau baja.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Belum lagi terjadi aktivitas seismik seperti gempa yang bisa berpengaruh pada struktur bangunan serta jalan.

Karena itu, keberadaan expansion joint sangat penting demi menjamin keselamatan setiap orang yang melewatinya.

Upaya inilah yang ditempuh Jasamarga Metropolitan Tollroad (JMT) selaku pengelola Jalan Tol Dalam Kota (Cawang-Tomang-Pluit) dan Tol Prof Dr Ir Sediyatmo.

Agar tetap memenuhi Standar Pelayanan Minimal (SPM), JMT akan melakukan pekerjaan expansion joint pada kedua ruas jalan tersebut. Tak hanya itu, pekerjaan scrapping, filling, overlay (SFO) juga dilakukan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X